PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROYEK DENGAN MODEL ADDIE PADA MATERI PEMROGRAMAN WEB SISWA KELAS X SEMESTER GENAP DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

MADE GIRI PAWANA ., Prof. Dr. Naswan Suharsono, M.Pd ., Drs. I Made Kirna,M.Si .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis proyek pada mata pelajaran Pemrograman Web di kompetensi keahlian Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Pemanfaatan multimedia secara terpadu dalam pembelajaran menjadi bahan ajar digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan metode penelitian pengembangan (research and development), dengan desain pengembangan yang dipilih adalah menggunakan model ADDIE. Metode ini digunakan dalam penelitian ini, karena luaran utama yang akan dihasilkan berupa sebuah perangkat lunak yang didesain untuk membantu proses pembelajaran menggunakan pendekatan system yang dikembangkan.
Hasil tinjauan ahli isi terhadap multimedia interaktif berbasis proyek yang dikembangkan menyatakan bahwa produk yang dikembangkan sudah sesuai. Hasil tinjauan ahli media menyatakan produk yang dikembangkan sangat baik dengan prosentase sebesar 95.38. sedangkan hasil tinjauan ahli desain pembelajaran menyatakan produk yang dikembangkan pada kategori baik dengan prosentase sebesar 88%. Hasil tanggapan siswa perorangan, kelompok kecil, guru mata pelajaran dan Uji lapangan memberikan tanggapan sangat baik dengan prosentase masing-masing sebesar 96.67%, 94.17%, 100% dan 98,11%. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t memberikan hasil sig sebesar 0,000. Jika nilai sig tersebut dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% maka 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka hal ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis proyek sangat signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Hasil perhitungan terhadap efektifitas multimedia interaktif berbasis proyek berdasarkan hasil perbandingan antara nilai posttest dan nilai produk siswa lebih besar daripada nilai KKM yang ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis proyek sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman web.
Kata Kunci : Pengembangan, multimedia interaktif, pembelajaran berbasis proyek, Model ADDIE

This study aimed at developing project-based interactive multimedia for Web Programming subject in Multimedia Competency of SMK Negeri 3 Singaraja. Utilization of integrated multimedia learning into instructional materials was used to improve students’ learning outcomes. This study was research and development, which referred to the ADDIE model. This method used because primary output to be generated in the form of a software tool designed to assist the learning process using a developed approach system.
The results of an expert review of the project-based interactive multimedia developed stating that the product developed was appropriate. The results of the media experts review stated that the product developed was very well with a percentage of 95.38. Mean while, the results of the instructional design experts review declared that the products developed was in good categories with a percentage of 88%. The results of the responses of individual students, small groups, teachers and Field test subjects gave a very well response with the percentage of respectively 96.67%, 94.17%, 100% and 98.11%. The result of calculation by using T-test showed that the sig was 0.000. The sig was compared with a significance level of 5%, then 0.000 was less than 0.05. This indicated that the use of the project-based interactive multimedia was very significant to improve students’ learning outcomes before and after the treatment was given. The results of the effectiveness of the project-based interactive multimedia based on the comparism between the score of posttest and the student project was higher than the school scoring minimum criteria (KKM). It showed that the use of the project-based interactive multimedia was very effective to improve the students’ learning outcomes in web programming subjects.
keyword : development, multimedia interactive, project based learning, ADDIE Model

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v6i1.1293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: