Pengaruh Strategi ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Negara

EVY MAYA STEFANY ., Prof. Dr. I Made Candiasa,MI.Kom ., Dr. I Wayan Sukra Warpala,S.Pd,M.Sc .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar melalui strategi pembelajaran ARCS dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran langsung, (2) perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar melalui strategi pembelajaran ARCS dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran langsung, (3) perbedaan hasil belajar TIK antara siswa yang belajar melalui strategi pembelajaran ARCS dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Negara Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 8 kelas sebanyak 259 siswa dengan sampel sebanyak 110 siswa yang terdiri dari 2 kelas kelompok eksperimen dan 2 kelas kelompok kontrol. Sampel kelas diambil dengan cara random sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah (1) data motivasi belajar siswa yang dikumpulkan dengan angket motivasi belajar, (2) data hasil belajar TIK dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Kuesioner motivasi belajar berupa pernyataan sebanyak 32 pernyataan dengan 5 pilihan jawaban dan tes hasil belajar TIK yang digunakan berbentuk tes essay dengan 12 butir soal. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan mancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar melalui strategi pembelajaran ARCS (X̄ = 124, 56) dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran langsung (X̄ = 113,56) (Fhitung = 188,620; p<0,05), (2) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar melalui strategi pembelajaran ARCS dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran langsung (Fhitung = 248,549; p<0,05), (3) terdapat perbedaan hasil belajar TIK antara siswa yang belajar melalui strategi pembelajaran ARCS (X̄ = 51,03) dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran langsung (X̄ = 45,18) (Fhitung = 111,040; p<0,05). Disimpulkan bahwa strategi ARCS dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar TIK siswa SMP.
Kata Kunci : Strategi ARCS, Motivasi Belajar, Hasil Belajar TIK.

This study aimed to describe (1) the differences of student motivation and learning outcomes of TIK between students who learn through teaching strategy ARCS with students who learn through direct instructional model, (2) the differences in learning motivation between students who learn through teaching strategy ARCS with students who learn through direct instructional model, (3) differences in learning outcomes of TIK between students who learn through teaching strategy ARCS with students who learn through direct instructional model. This study belongs to the quasi experimental design with pretest-posttest non-equivalent control group design. The population in this study were all students of class VIII SMP 4 in the academic year 2013/2014. They are all students of 8 classes consisting of 259 students, with a sample of 110 students consisting of 2 classes experimental group and 2 classes control group. Class samples collected by random sampling. The data collected in this study were (1) data of students motivation collected with learning motivation questionnaire, (2) TIK learning outcomes data collected by the achievement test. Learning motivation questionnaire in the form of a statement by 32 statements with 5 answer choices and achievement test used TIK shaped essay test with 12 items was used. Data were analyzed using descriptive statistics and Mancova. The results showed that (1) there are differences in students motivation and learning outcomes between students who learn through teaching strategy ARCS (X̄ = 124, 56) with students learning through learning direct instructional model (X̄ = 113,56) (F value = 188.620, p <0.05) , (2) there is a difference between the learning motivation of students who learn through teaching strategy ARCS with students who learn through the learning direct instructional model (F value = 248.549, p <0.05), (3) there are differences in the results TIK learning between students who learn through teaching strategy ARCS (X̄ = 51,03) with students learning through learning direct instructional model (X̄ = 45,18) (F value = 111.040, p <0.05). It was concluded that the ARCS strategies can be used to increase motivation and learning TIK of junior high school students.
keyword : ARCS strategies, learning motivation, learning outcomes TIK

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v6i1.1334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: