PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MANGGIS
Abstract
Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan “non-equivalent pre-test post-test control group design.”. yang bertujuan untuk meneliti Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 1 Manggis.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Manggis tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 180 orang yang terdistribusi dalam enam kelas dengan kemampuan yang homogen. Berdasarkan hasil random sampling diperoleh kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi motivasi berprestasi dan tes hasil belajar untuk pretest dan post test ekonomi. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis kovarian.
Berdasarkan hasil analisis data, maka temuannya adalah: (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan nilai Fhitung diperoleh sebesar 7,123 dan Ftabel sebesar 3,92. Jika dibandingkan nilai Fhitung dengan Ftabel didapatkan bahwa Fhitung>Ftabel dengan taraf signifikansi (p) < 0,05. Hasil belajar kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berkualifikasi sangat tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 22,35 dan standar deviasi sebesar 4,57. Begitu juga untuk kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung memiliki rata-rata hasil belajar sebesar 20,89 berkualifikasi tinggi. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung, pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah dengan nilai Fhitung sebesar 24,556 dengan signifikansi sebesar 0,000. (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Fhitung(AB) = 18,331 dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05).
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar
This research is a quasi experiment with the design of the "non-equivalent of pre-test and post-test control group design.". that aims to examine the influence of Cooperative Learning Model Type Jigsaw and motivation achievement against the results of the study the Economy Class X at SMA Negeri 1 Manggis plantation. The population of this research is the students of class X SMA Negeri 1 Manggis plantation years 2015/2016 lessons which numbered 180 who were distributed in six classrooms with homogeneous ability. Based on the results of the random sampling obtained XA class as a class experiment and XB as control classes. Research data collected by using the observation sheet achievement motivation and test the results of the study to pretest and post test the economy. This research uses two analysis techniques namely descriptive analysis and analysis covariant. Based on the results of the data analysis and findings is: (1) there are differences in the results of a significant learning between students learn using the cooperative learning model type jigsaw with students who learn to use this learning model directly qualified very high with the average value of 22,35 and standard deviation of 4.57. So also for a group of students who follow the model of learning has an average of the results of learning high qualified 20,89. (2) There is a difference in the learning that significant between groups of students learning with a model of cooperative learning types of jigsaw compared to a group of students studying with direct learning model, on students who have high achieving motivation and students who have low achievement motivation with the value of 24,556 Fvalue with the significance of 0,000. (3) There is the influence of a significant interaction between the model of teaching and motivation and achievement of student learning outcomes with the value of Fvalue(AB) = 18,331 with the significance of 0,000 (p<0.05).
keyword : Cooperative Learning Types of Jigsaw, motivation achievement, Learning Results
Berdasarkan hasil analisis data, maka temuannya adalah: (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan nilai Fhitung diperoleh sebesar 7,123 dan Ftabel sebesar 3,92. Jika dibandingkan nilai Fhitung dengan Ftabel didapatkan bahwa Fhitung>Ftabel dengan taraf signifikansi (p) < 0,05. Hasil belajar kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berkualifikasi sangat tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 22,35 dan standar deviasi sebesar 4,57. Begitu juga untuk kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung memiliki rata-rata hasil belajar sebesar 20,89 berkualifikasi tinggi. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung, pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah dengan nilai Fhitung sebesar 24,556 dengan signifikansi sebesar 0,000. (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Fhitung(AB) = 18,331 dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05).
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar
This research is a quasi experiment with the design of the "non-equivalent of pre-test and post-test control group design.". that aims to examine the influence of Cooperative Learning Model Type Jigsaw and motivation achievement against the results of the study the Economy Class X at SMA Negeri 1 Manggis plantation. The population of this research is the students of class X SMA Negeri 1 Manggis plantation years 2015/2016 lessons which numbered 180 who were distributed in six classrooms with homogeneous ability. Based on the results of the random sampling obtained XA class as a class experiment and XB as control classes. Research data collected by using the observation sheet achievement motivation and test the results of the study to pretest and post test the economy. This research uses two analysis techniques namely descriptive analysis and analysis covariant. Based on the results of the data analysis and findings is: (1) there are differences in the results of a significant learning between students learn using the cooperative learning model type jigsaw with students who learn to use this learning model directly qualified very high with the average value of 22,35 and standard deviation of 4.57. So also for a group of students who follow the model of learning has an average of the results of learning high qualified 20,89. (2) There is a difference in the learning that significant between groups of students learning with a model of cooperative learning types of jigsaw compared to a group of students studying with direct learning model, on students who have high achieving motivation and students who have low achievement motivation with the value of 24,556 Fvalue with the significance of 0,000. (3) There is the influence of a significant interaction between the model of teaching and motivation and achievement of student learning outcomes with the value of Fvalue(AB) = 18,331 with the significance of 0,000 (p<0.05).
keyword : Cooperative Learning Types of Jigsaw, motivation achievement, Learning Results
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v7i2.1888
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: