Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity dan Kecerdasan Linguistik terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Abang.

I GUSTI AYU ARINI WIADNYANI ., PROF. DR. I WAYAN SANTYASA, M.Si. ., DR. I WAYAN SUKRA WARPALA, S.PD.,M.Sc .

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh strategi directed reading thinking activity (DRTA) dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan rancangan the non equivalent pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah 8 (delapan) kelas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Abang Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 (empat) kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes kemampuan membaca pemahaman sebanyak 40 butir dan tes kecerdasan linguistik sebanyak 40 butir. Instrumen penelitian diuji validitas isi, konsistensi internal, dan reliabilitas tes sebelum digunakan dalam penelitian. Uji asumsi yang dilakukan sebelum pengujian hipotesis yaitu uji normalitas sebaran data, uji homogenitas varians, dan uji linieritas. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kovarian (ANACOVA) dua jalan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) setelah perlakuan dikontrol dengan kemampuan membaca pemahaman awal, terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara strategi pembelajaran. Skor hasil belajar yang diperoleh oleh siswa yang belajar dengan DRTA lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, (2) setelah perlakuan dikontrol dengan kemampuan membaca pemahaman awal, terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi dengan siswa yang memiliki kecerdasan linguistik rendah. Kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan linguistik rendah, (3) setelah perlakuan dikontrol dengan kemampuan membaca pemahaman awal, terdapat pengaruh interaktif antara strategi pembelajaran dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Inggris siswa.
Kata Kunci : DRTA, kecerdasan linguistik, membaca pemahaman

This research aimed at finding out the effect of directed reading thinking activity strategy and linguistic intelligence toward English reading comprehension at 8 classes of the eighth grade students of SMP Negeri 2 Abang. This research was a quasi-experimental research using the non-equivalent pretest posttest control group designed. Population of this research was all of the eight grade students of SMP Negeri 2 Abang in the academic year of 2016/2017. The sample used here were 4 classes which taken by random sampling technique. The data were collected by using an English reading comprehension test which consist of 40 questions and a linguistic intelligence test which also consist of 40 questions. The content validity, internal consistency, and reliability of instruments were examined before administered to the research sample. Normality, homogeneity and linearity were examined. The two ways analysis of covariance (ANACOVA) was conducted to test the hypothesis. The results of this hypothesis test were (1) after treatment was controlled by prior achievement of students as a covariable, there was a significant difference of students’ reading comprehension between the learning strategies. The students who treated by DRTA got higher scores than students who treated by conventional learning strategy, (2) after treatment was controlled by prior achievement of students as a covariable, there was a significant difference of the students’ reading comprehension between with higher linguistic intelligence students and the lower linguistic intelligence students. The higher linguistic intelligence students got higher score in reading comprehension than the lower linguistic intelligence students, (3) after treatment was controlled by prior achievement of students as a covariable, there was an interactive effect between the learning strategy and linguistic intelligence on the students’ reading comprehension.
keyword : DRTA, linguistic intelligence, reading comprehension.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v7i3.2239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: