PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP SIKAP DEMOKRASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUBU

A.A.SRI MIRAH NOVAYANTI ., PROF. DR. I WAYAN SANTYASA, M.Si. ., DR. I KOMANG SUDARMA, S.Pd., M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran terhadap sikap demokrasi (SD) dan hasil belajar (HB) IPS siswa. Variabel model pembelajaran dibedakan atas dua dimensi, yaitu model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan model pembelajaran langsung (PL). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalence pre-test-post-test control group design. Populasi penelitian adalah 8 kelas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kubu Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan jumlah siswa 255 orang. Sampel 2 kelas diambil menggunakan teknik group random sampling. Sampel yang terpilih adalah Kelas VIIIF sebagai kelompok eksperimen dan Kelas VIIIC sebagai kelompok kontrol. Data SD dikumpulkan dengan angket, dan data HB IPS dikumpulkan dengan tes. Data SD awal dan HB IPS awal dikumpulkan sebelum eksperimen, dan data SD dan HB IPS dikumpulkan pada akhir perlakuan. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan Uji MANCOVA pada taraf 5%. Setelah perlakuan dikontrol dengan SD awal dan HB awal, hasil penelitian menunjukkan al-hal sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan SD dan HHB IPS antara siswa yang belajar dengan model PBM dan yang belajar dengan model PL. SD dan HB IPS siswa yang belajar dengan model PBM lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model PL. (2) Terdapat perbedaan SD antara siswa yang belajar dengan model PBM dan yang belajar dengan model PL. SD siswa yang belajar dengan model PBM lebih baik dibandingkan dengan yang belajar dengan model PL. (3) Tidak terdapat perbedaan HB IPS antara siswa yang belajar dengan model PBM dan yang belajar dengan model PL.
Kata Kunci : model pembelajaran berbasis masalah, sikap demokrasi, dan hasil belajar IPS

This study aimed at descriptif the effect of learning model to the democratic attitude (DA) and learning achievement (LA) in social science of the students. The variable of learning model was divided into two dimension, e.i problem-based learning (PBL) and direct learning (DL) models. This is a quasi-experiment research using nonequivalence pre-test-post-test control group design. The populations of the study were 8 classes of students in Grade VIII SMP Negeri 2 Kubu in the academic year of 2016/2017 with total 255 students. Two classes sample was taken by using group random sampling technique. The sample chosen was Class VIIIF as the experiment group and Class VIIIC as the control group. The data of DA were collected using questionnaire, and the data of LA in social science were collected using test. The data about prior DA and pre LA in social science were collected before treatment, but the data about the DA and LA were collected after experiment. The data were analyzed descriptively and MANCOVA with the significant level of 5%. After the treatment was controlled by prior DA and pre LA, the result of the study showed as follows. (1) There was a significance different of both DA and LA in social science between students learned in the PBL and them learned in the DL models. The DA and LA of students in the PBL model was better than DL model. (2) There was a significance different of DA between students learned in the PBL and the DL models. DA of students in the PBL model was better than them learned in DL model. (3) There was not a significance different of students’ LA bertween them learned in the PBL model and them learned in LA model.
keyword : problem based learning model, democratic attitude, learning achievement in social science

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v7i3.2240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: