Pengaruh Model Know Want Learned (KWL) Terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Abang

KADEK WIRAWAN ., PROF.DR. NASWAN SUHARSONO, M.Pd. ., DR. I MADE KIRNA, M.Si. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan membaca dan keterampilan menulis secara bersama-sama diantara siswa yang mengikuti model Know Want Learned (KWL) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung, perbedaan keterampilan membaca antara siswa yang mengikuti model Know Want Learned (KWL) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung, dan perbedaan keterampilan menulis antara siswa yang mengikuti model Know Want Learned (KWL) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung. Populasi pada panelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Abang tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dimana dua kelas digunakan sebagai sampel, satu kelas digunakan sebagai kelompok experimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes keterampilan membaca dan tes keterampilan menulis. Data yang diperoleh dianalisis dengan MANCOVA dengan keterampilan membaca awal dan keterampilan menulis awal sebagai kovariat. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama ada perbedaan yang signifikan pada keterampilan membaca dan keterampilan menulis secara bersama-sama antara siswa yang mengikuti model Know Want Learned (KWL) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung, kedua ada perbedaan yang signifikan pada keterampilan membaca antara siswa yang mengikuti model Know Want Learned (KWL) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung, dan ketiga ada perbedaan yang signifikan pada keterampilan menulis antara siswa yang mengikuti model Know Want Learned (KWL) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Model Know Want Learned (KWL), Keterampilan Membaca, Keterampilan Menulis

This study aimed at describing the difference in reading and writing skills simultaneously of the students who learned by Know Want Learned (KWL) model and those who learned by Direct Instruction model, the difference in reading skill of the students who learned by Know Want Learned (KWL) model and those who learned by Direct Instruction model, and the difference in writing skill of the students who learned by Know Want Learned (KWL) model and those who learned by Direct Instruction model. This is a quasi-experimental research with non-equivalent pretest-posttest control group designed. The population of the study was eighth grade students of SMP Negeri 3 Abang in the academic year of 2016/2017 consisting of five classes. The selection of the sample for this study was based on random sampling technique, two classes were selected as the sample, one class as the experimental group and the other was the control group. The data were collected by administering reading and writing test. The data were analyzed by using MANCOVA in which pre-students’ reading and writing skills used as covariat. The hypothesis was tested at 5% level of significance. The results indicated that (1) there was a significant difference in reading and writing skills simultaneously of the students who learned by Know Want Learned (KWL) model and those who learned by Direct Instruction model, (2) there was a significant difference in reading skill of the students who learned by Know Want Learned (KWL) model and those learned who by Direct Instruction model, and (3) there was a significant difference in writing skill of the students who learned by Know Want Learned (KWL) model and those who learned by Direct Instruction model.
keyword : Know Want Learned (KWL) Model, Reading Skill, Writing Skill

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: