PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK N 1 SINGARAJA

PUTU AYU PARYAWATI ., PROF. DR. I WAYAN SANTYASA, M.Si. ., DR. I WAYAN SUKRA WARPALA, S.PD.,M.Sc .

Abstract


ABSTRAK

Paryawati, P A. (2016). Pengaruh Model Think Pair Share berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Motivasi Belajar IPA dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMK N 1 Singaraja. Tesis. Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan: 1) motivasi belajar IPA dan keterampilan berpikir kritis siswa secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share berbantuan Multimedia Interaktif (TPSMI), Think Pair Share (TPS) dan Pembelajaran Langsung (PL). 2) motivasi belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif TPSMI, TPS dan PL, 3keterampilan berpikir kritis siswa antara siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif TPSMI, TPS dan PL. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan rancangan Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah empat jurusan siswa kelas X SMK N 1 Singaraja. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik ClusterRandom Sampling dan terpilih satu jurusan dengan tiga kelas sebagai sampel. Sampel yang terpilih adalah kelas X A UPW sebagai kelompok kontrol yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung, X B UPW sebagai kelompok eksperimen yang belajar menggunakan model TPSMI, dan X C UPW sebagai kelompok eksperimen yang belajar dengan model TPS. Pengumpulan data menggunakan 2 jenis tes, yaitu tes motivasi belajar IPA dikumpulkan dengan kuisioner motivasi belajar IPA yang sudah divalidasi dan tes keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis yang telah divalidasi. Data dikumpulkan pada akhir perlakuan untuk selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan Uji MANCOVA dengan skor pre-tes motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis awal sebagai kovariat kemudian dilanjutan dengan uji LSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan motivasi belajar IPA dan keterampilan berpikir kritis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif TPSMI, TPS dan PL. (2) terdapat perbedaan motivasi belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model TPSMI, TPS dan PL. (3) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPSMI, TPS dan PL.
Kata Kunci : model think pair share ,motivasi belajar IPA, keterampilan berpikir kritis.

ABSTRACT

Paryawati, P A. (2016). The Effect of Model Think pair Share aided Interactive Mulltimedia on Motivation Science and the Critical Thinking Skill to the Ten Grade Students of SMK N 1 Singaraja.. Thesis. Learning Technology, Post-Graduate , Ganesha University of Education

keyword : think pair share model, learning motivation science, critical thinking skill

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i3.2261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: