PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SECARA KOOPERATIF BERBASIS KLARIFIKASI NILAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kubu)

I NYOMAN SANJAYA ADIPUTRA ., PROF. DR SUKADI, M.Pd. ., DR. I KOMANG SUDARMA, S.Pd., M.Pd .

Abstract


ABSTRAK


I NYOMAN SANJAYA ADIPUTRA, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Klarifikasi Nilai Terhadap Prestasi Belajar PKn Ditinjau Dari Sikap Sosial Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kubu ). Tesis, Teknologi Pembelajaran, Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. 2016

Tesis ini sudah dikoreksi dan diperiksa oleh pembimbing I: Prof. Dr Sukadi,M.Pd,M.Ed dan Pembimbing II Dr.I Komang Sudarma,S.Pd,M.Pd.
Kata kunci : model pembelajaran, sikap sosial dan prestasi belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Pembelajaran secara kooperatif berbasis Klarifikasi nilai terhadap prestasi belajar PKn siswa ditinjau dari sikap sosial siswa (Student social attitude). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kubu dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran dari dua jenis model yaitu model pembelajaraan kooperatif yang berbasis klarifikasi Nilai yang diberikan kepada kelompok perlakuan dan model konvensional yang dikenakan pada kelompok kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis varians dua jalur dan lanjut dengan uji Tukey
. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar PKn antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran Kooperatif Berbasis klarifikasi nilai dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran model belajar konvensional; (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan sikap sosial dalam pengaruhnya terhadap prestasi belajar PKn; (3) ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran Kooperatif Berbasis klarifikasi nilai dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki sikap sosial tinggi dengan siswa yang memiliki sikap sosial rendah.
Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dan sikap sosial siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar PKn, pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kubu.


Kata Kunci : Kata kunci : Model Pembelajaran, Sikap Sosial dan Prestasi Belajar.

ABSTRACT


I NYOMAN SANJAYA ADIPUTRA, The Effect of Implementation Cooperative Learning Model Based on Value Clarification Technique (VCT) toward the Students’ Achievement in Civics Education Reviewed from Students’ Social Attitude (Experimental study at VIII grade student of SMP Negeri 2 Kubu). Thesis, Learning Technology, Postgraduate of Ganesha University of Education. 2016

This thesis is already checked and corrected by first supervisor: Prof. Dr Sukadi,M.Pd,M.Ed and second supervisor: Dr. I Komang Sudarma,M.Pd.
Key words : Learning Model, Social Attitude and Students’ Achievement

This research aimed to know the effect of implementation cooperative learning model based on Value Clarification Technique (VCT) toward the students’ achievement in civics education reviewed from students’ social attitude. This research was held at SMP Negeri 2 Kubu which is used experiment method with 2 x 2 factorial designs. The independent variable in this research is learning model which is integrated from two types of model that is cooperative learning model based on Value Clarification Technique given to experimental group and conventional learning model given to control group. The data analysis used two way analysis of variance and followed by Tukey test.
The results of this research show that: (1) there are a significant different in students’ achievement in Civics Education between group of students which is treated by cooperative learning based on value clarification technique rather than group of students which is treated by conventional learning model; (2) there are the interaction between learning model with social attitude in influencing the students’ achievement in civics education; (3) there are a significant different in students’ achievement in Civics Education between the students which is treated by cooperative learning based on value clarification technique rather than the students which is treated by conventional learning model on group of students which has high social attitude with the students who has low social attitude.
Based on the result above, it can be conclude that learning model and students’ social attitude has a significant effect toward the students’ achievement in civics education, especially for eight grade students of SMP Negeri 2 Kubu.


keyword : Key words : Learning Model, Social Attitude and Students’ Achiement

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i2.2269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: