pengaruh model pembelajaram sai,s teknologi masyarakat terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa
Abstract
ABSTRAK
Gestarini.Emy.K .2017. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Tesis. Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Prof.Dr.I Wayan Santyasa, M.Si dan Pembimbing II: Dr. I Made Kirna,M.Si
Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional; 2) mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; dan 3) mendeskripsikan perbedaan sikap ilmiah siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah 8 kelas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rendang, Karangasem Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel ditentukan dengan teknik group random sampling. Berdasarkan hasil random, terpilih kelas VIIIA sebagai kelompok siswa menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan kelas VIIIF menggunakan model pembelajaran konvensional. Data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan dengan tes, sedangkan sikap ilmiah dengan angket. Data dianalisis secara deskriptif dan MANCOVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; dan (3) terdapat perbedaan signifikan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional baik dalam pemcapaian kemampuan pemecahan masalah maupun sikap ilmiah.
Kata Kunci : ABSTRAK Gestarini.Emy.K .2017. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Tesis. Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Prof.Dr.I Wayan Santyasa, M.Si dan Pembimbing II: Dr. I Made Kirna,M.Si Kata Kunci: model pembelajaran sains teknologi masyarakat, pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah, sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional; 2) mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; dan 3) mendeskripsikan perbedaan sikap ilmiah siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah 8 kelas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rendang, Karangasem Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel ditentukan dengan teknik group random sampling. Berdasarkan hasil random, terpilih kelas VIIIA sebagai kelompok siswa menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan kelas VIIIF menggunakan model pembelajaran konvensional. Data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan dengan tes, sedangkan sikap ilmiah dengan angket. Data dianalisis secara deskriptif dan MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; dan (3) terdapat perbedaan signifikan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional baik dalam pemcapaian kemampuan pemecahan masalah maupun sikap ilmiah.
ABSTRACT
Gestarini.Emy.K .2017. Effect of Instructional Model Science Technology Society (STM) to Problem Solving Ability and Attitude Scientific Junior High School Students. Thesis. Learning Technology, Graduate School, University of Education Ganesha.
This thesis has been approved and checked by: Supervisor I: Prof.Dr.I Wayan Santyasa, M.Si and Supervisor II: Dr. I Made Kirna, M.Si
Keywords: model of science learning technology community, conventional learning, problem-solving ability, scientific attitude.
This study aims to 1) describe differences in problem-solving ability and scientific attitude of students between students who learn by using model Science-Technology-Society (STM) with students learning by using conventional learning model; 2) describe the difference between the problem solving ability of students to learn learning model Science-Technology-Society (STM) and student learning with conventional learning model; and 3) describe the distinctive scientific attitude among students learning students with learning model Science-Technology-Society and student learning with conventional learning models. The study population was 8th grade class VIII SMP Negeri 1 Rendang, Karangasem in the academic year 2015/2016. Sample group was determined by random sampling technique. Based on the results of random, elected VIIIA class as a group of students using model class science and technology community VIIIF using conventional learning models. Data collected by the problem-solving skills test, while the scientific attitude to the questionnaire. Data were analyzed descriptively and MANCOVA.
The results showed that: (1) there are significant differences in problem solving skills and scientific attitudes among students learning with science learning model community technology with student learning with conventional learning model; (2) there are significant differences between the problem solving ability of students to learn the science learning model community technology with student learning with conventional learning model; and (3) there is a significant difference between the scientific attitude of students studying science learning model community technology with student learning with conventional learning models. Based on the results of research conducted inferential learning model Science Technology Society (STM) is superior compared to conventional learning models both in pemcapaian problem solving skills and scientific attitude.
keyword : ABSTRACT Gestarini.Emy.K .2017. Effect of Instructional Model Science Technology Society (STM) to Problem Solving Ability and Attitude Scientific Junior High School Students. Thesis. Learning Technology, Graduate School, University of Education Ganesha. This thesis has been approved and checked by: Supervisor I: Prof.Dr.I Wayan Santyasa, M.Si and Supervisor II: Dr. I Made Kirna, M.Si Keywords: model of science learning technology community, conventional learning, problem-solving ability, scientific attitude. This study aims to 1) describe differences in problem-solving ability and scientific attitude of students between students who learn by using model Science-Technology-Society (STM) with students learning by using conventional learning model; 2) describe the difference between the problem solving ability of students to learn learning model Science-Technology-Society (STM) and student learning with conventional learning model; and 3) describe the distinctive scientific attitude among students learning students with learning model Science-Technology-Society and student learning with conventional learning models. The study population was 8th grade class VIII SMP Negeri 1 Rendang, Karangasem in the academic year 2015/2016. Sample group was determined by random sampling technique. Based on the results of random, elected VIIIA class as a group of students using model class science and technology community VIIIF using conventional learning models. Data collected by the problem-solving skills test, while the scientific attitude to the questionnaire. Data were analyzed descriptively and MANCOVA. The results showed that: (1) there are significant differences in problem solving skills and scientific attitudes among students learning with science learning model community technology with student learning with conventional learning model; (2) there are significant differences between the problem solving ability of students to learn the science learning model community technology with student learning with conventional learning model; and (3) there is a significant difference between the scientific attitude of students studying science learning model community technology with student learning with conventional learning models. Based on the results of research conducted inferential learning model Science Technology Society (STM) is superior compared to conventional learning models both in pemcapaian problem solving skills and scientific attitude.
Gestarini.Emy.K .2017. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Tesis. Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Prof.Dr.I Wayan Santyasa, M.Si dan Pembimbing II: Dr. I Made Kirna,M.Si
Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional; 2) mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; dan 3) mendeskripsikan perbedaan sikap ilmiah siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah 8 kelas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rendang, Karangasem Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel ditentukan dengan teknik group random sampling. Berdasarkan hasil random, terpilih kelas VIIIA sebagai kelompok siswa menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan kelas VIIIF menggunakan model pembelajaran konvensional. Data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan dengan tes, sedangkan sikap ilmiah dengan angket. Data dianalisis secara deskriptif dan MANCOVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; dan (3) terdapat perbedaan signifikan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional baik dalam pemcapaian kemampuan pemecahan masalah maupun sikap ilmiah.
Kata Kunci : ABSTRAK Gestarini.Emy.K .2017. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Tesis. Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Prof.Dr.I Wayan Santyasa, M.Si dan Pembimbing II: Dr. I Made Kirna,M.Si Kata Kunci: model pembelajaran sains teknologi masyarakat, pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah, sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional; 2) mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; dan 3) mendeskripsikan perbedaan sikap ilmiah siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah 8 kelas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rendang, Karangasem Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel ditentukan dengan teknik group random sampling. Berdasarkan hasil random, terpilih kelas VIIIA sebagai kelompok siswa menggunakan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dan kelas VIIIF menggunakan model pembelajaran konvensional. Data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan dengan tes, sedangkan sikap ilmiah dengan angket. Data dianalisis secara deskriptif dan MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; dan (3) terdapat perbedaan signifikan sikap ilmiah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional baik dalam pemcapaian kemampuan pemecahan masalah maupun sikap ilmiah.
ABSTRACT
Gestarini.Emy.K .2017. Effect of Instructional Model Science Technology Society (STM) to Problem Solving Ability and Attitude Scientific Junior High School Students. Thesis. Learning Technology, Graduate School, University of Education Ganesha.
This thesis has been approved and checked by: Supervisor I: Prof.Dr.I Wayan Santyasa, M.Si and Supervisor II: Dr. I Made Kirna, M.Si
Keywords: model of science learning technology community, conventional learning, problem-solving ability, scientific attitude.
This study aims to 1) describe differences in problem-solving ability and scientific attitude of students between students who learn by using model Science-Technology-Society (STM) with students learning by using conventional learning model; 2) describe the difference between the problem solving ability of students to learn learning model Science-Technology-Society (STM) and student learning with conventional learning model; and 3) describe the distinctive scientific attitude among students learning students with learning model Science-Technology-Society and student learning with conventional learning models. The study population was 8th grade class VIII SMP Negeri 1 Rendang, Karangasem in the academic year 2015/2016. Sample group was determined by random sampling technique. Based on the results of random, elected VIIIA class as a group of students using model class science and technology community VIIIF using conventional learning models. Data collected by the problem-solving skills test, while the scientific attitude to the questionnaire. Data were analyzed descriptively and MANCOVA.
The results showed that: (1) there are significant differences in problem solving skills and scientific attitudes among students learning with science learning model community technology with student learning with conventional learning model; (2) there are significant differences between the problem solving ability of students to learn the science learning model community technology with student learning with conventional learning model; and (3) there is a significant difference between the scientific attitude of students studying science learning model community technology with student learning with conventional learning models. Based on the results of research conducted inferential learning model Science Technology Society (STM) is superior compared to conventional learning models both in pemcapaian problem solving skills and scientific attitude.
keyword : ABSTRACT Gestarini.Emy.K .2017. Effect of Instructional Model Science Technology Society (STM) to Problem Solving Ability and Attitude Scientific Junior High School Students. Thesis. Learning Technology, Graduate School, University of Education Ganesha. This thesis has been approved and checked by: Supervisor I: Prof.Dr.I Wayan Santyasa, M.Si and Supervisor II: Dr. I Made Kirna, M.Si Keywords: model of science learning technology community, conventional learning, problem-solving ability, scientific attitude. This study aims to 1) describe differences in problem-solving ability and scientific attitude of students between students who learn by using model Science-Technology-Society (STM) with students learning by using conventional learning model; 2) describe the difference between the problem solving ability of students to learn learning model Science-Technology-Society (STM) and student learning with conventional learning model; and 3) describe the distinctive scientific attitude among students learning students with learning model Science-Technology-Society and student learning with conventional learning models. The study population was 8th grade class VIII SMP Negeri 1 Rendang, Karangasem in the academic year 2015/2016. Sample group was determined by random sampling technique. Based on the results of random, elected VIIIA class as a group of students using model class science and technology community VIIIF using conventional learning models. Data collected by the problem-solving skills test, while the scientific attitude to the questionnaire. Data were analyzed descriptively and MANCOVA. The results showed that: (1) there are significant differences in problem solving skills and scientific attitudes among students learning with science learning model community technology with student learning with conventional learning model; (2) there are significant differences between the problem solving ability of students to learn the science learning model community technology with student learning with conventional learning model; and (3) there is a significant difference between the scientific attitude of students studying science learning model community technology with student learning with conventional learning models. Based on the results of research conducted inferential learning model Science Technology Society (STM) is superior compared to conventional learning models both in pemcapaian problem solving skills and scientific attitude.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i2.2274
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: