PENGARUH MEDIA GEOGEBRA TERHADAP MOTIVASI DAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 1 SINGARAJA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar dan kreativitas siswa setelah perlakuan dikontrol dengan kovariabel motivasi awal dan prakreativitas awal. Penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan Pre-testPosttest Non-Equivalent Control Group Design. Media pembelajaran memiliki dua dimensi, yaitu media geogegra dan konvensional. Populasi penelitian adalah 10 kelas siswa kelasX SMK Negeri 1 pada Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 410 siswa. Sampelnya adalah 2 kelas yaitu kelas X UPWA dan X UPWB dengan jumlah siswa sebanyak 84 orang, dipilih dengan teknik simple random sampling. Data motivasi belajar dan kreativitas dikumpulkan dengan kuisioner motivasi belajar dan kreativitas. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji MANCOVA yang dilanjutkan dengan uji Least Significant Difference (LSD) untuk menguji komparasi pasangan skor rata-rata tiap kelompok perlakuan. Setelah perlakuan dikontrol dengan kovariabeel motivasi dan kreativitas awal, hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar dan kreativitas antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media berbasiskan geogebra dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media konvensional (F=141,405; p<0,05). (2)Terdapat perbedaan signifikan variabel motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media berbasiskan geogebra dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menggunakan media konvensional(F=51,494; p<0,05). (3) Terdapat perbedaan signifikan variabel kreativitas antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media berbasiskan geogebra dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan yang belajar menggunakan media konvensional(F=182,018; p<0,05). (4) Hasil uji lanjut dengan LSD menunjukkan bahwa kelompok siswa yang belajar dengan media berbasiskan geogebra lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan media konvensional.
Kata Kunci : media geogebra, media konvensional, motivasi belajar, dan kreatifitas belajar.
ABSTRACT
This study aims atdescribingthe effect of learning media on the learning motivation of students and their creativity. This quasi-experimental usedpre-test posttest design non-equivalent control group design. The learning media have two dimension, e. i algebgra and conventional media. The population was all students of class X SMK Negeri 1 in the academic year 2015/2016 consisting of 10 classes with total population of 410 students. The number of samples in this study consisted of two classes, e. i X UPWA and X UPWB with a total of 84 students were selected by simple random sampling technique. The data of learning motivation and students’ creativity were collected by questionnaire. The data was analyzed descriptively and MANCOVA followed by LeastSignificant Difference test (LSD) to test the comparative couples an average score for each treatment group. After the treatment is controlled by covariable premotivation and precreativity,the results showed findings as follows. (1) There are a significant differenceslearning motivation and creativity between students learned use media-based GeoGebra compared to students who learned use conventional media(F = 141.405, p <0 , 05). (2There are a significant difference learning motivation between students learned with media-based GeoGebra compared to students who take the learning by using conventional media (F = 51.494, p <0.05). (3) There are a significant difference students’ creativity between students learned with media-based GeoGebra compared to students who take the learning by using conventional media (F = 182.018, p <0.05). Further test results with LSD showed that the group of students who learned with media-based GeoGebra is better than the group of students who learn with Konvensional Media after treatment is controlled by covariable premotivation and precreativity.
keyword : media geogebra, media konvensional, motivasi belajar, dan kreatifitas belajar.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar dan kreativitas siswa setelah perlakuan dikontrol dengan kovariabel motivasi awal dan prakreativitas awal. Penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan Pre-testPosttest Non-Equivalent Control Group Design. Media pembelajaran memiliki dua dimensi, yaitu media geogegra dan konvensional. Populasi penelitian adalah 10 kelas siswa kelasX SMK Negeri 1 pada Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 410 siswa. Sampelnya adalah 2 kelas yaitu kelas X UPWA dan X UPWB dengan jumlah siswa sebanyak 84 orang, dipilih dengan teknik simple random sampling. Data motivasi belajar dan kreativitas dikumpulkan dengan kuisioner motivasi belajar dan kreativitas. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji MANCOVA yang dilanjutkan dengan uji Least Significant Difference (LSD) untuk menguji komparasi pasangan skor rata-rata tiap kelompok perlakuan. Setelah perlakuan dikontrol dengan kovariabeel motivasi dan kreativitas awal, hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar dan kreativitas antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media berbasiskan geogebra dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media konvensional (F=141,405; p<0,05). (2)Terdapat perbedaan signifikan variabel motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media berbasiskan geogebra dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menggunakan media konvensional(F=51,494; p<0,05). (3) Terdapat perbedaan signifikan variabel kreativitas antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media berbasiskan geogebra dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan yang belajar menggunakan media konvensional(F=182,018; p<0,05). (4) Hasil uji lanjut dengan LSD menunjukkan bahwa kelompok siswa yang belajar dengan media berbasiskan geogebra lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan media konvensional.
Kata Kunci : media geogebra, media konvensional, motivasi belajar, dan kreatifitas belajar.
ABSTRACT
This study aims atdescribingthe effect of learning media on the learning motivation of students and their creativity. This quasi-experimental usedpre-test posttest design non-equivalent control group design. The learning media have two dimension, e. i algebgra and conventional media. The population was all students of class X SMK Negeri 1 in the academic year 2015/2016 consisting of 10 classes with total population of 410 students. The number of samples in this study consisted of two classes, e. i X UPWA and X UPWB with a total of 84 students were selected by simple random sampling technique. The data of learning motivation and students’ creativity were collected by questionnaire. The data was analyzed descriptively and MANCOVA followed by LeastSignificant Difference test (LSD) to test the comparative couples an average score for each treatment group. After the treatment is controlled by covariable premotivation and precreativity,the results showed findings as follows. (1) There are a significant differenceslearning motivation and creativity between students learned use media-based GeoGebra compared to students who learned use conventional media(F = 141.405, p <0 , 05). (2There are a significant difference learning motivation between students learned with media-based GeoGebra compared to students who take the learning by using conventional media (F = 51.494, p <0.05). (3) There are a significant difference students’ creativity between students learned with media-based GeoGebra compared to students who take the learning by using conventional media (F = 182.018, p <0.05). Further test results with LSD showed that the group of students who learned with media-based GeoGebra is better than the group of students who learn with Konvensional Media after treatment is controlled by covariable premotivation and precreativity.
keyword : media geogebra, media konvensional, motivasi belajar, dan kreatifitas belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i3.2286
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: