PENGARUH TEKNIK MOSE BERBANTUAN BLOG DAN MEMORI KERJA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS DI SMP

Bernadeth Erlienia Ambarsary

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruhteknik MOSE berbantuan blog dan memori kerja terhadap kemampuan menulisbahasa Inggris.Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Banjar semester 2tahun pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan metode eksperimen semudengan desain faktorial 2x2 dan melibatkan sampel sebanyak 78 orang. Sampelpenelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumenyang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis dan tesmemori kerja. Data dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Dari hasilanalisis data diperoleh (1) terdapat perbedaan kemampuan kemampuan menulisbahasa Inggris pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan teknik MOSEberbantuan blog dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran denganteknik konvensional (F= 37,895; signfikansi 0,001), (2) terdapat perbedaankemampuan menulis bahasa Inggris pada siswa yang mengikuti pembelajarandengan teknik MOSE berbantuan blog dan siswa mengikuti pembelajaran denganteknik konvensional pada siswa dengan memori kerja tinggi dan pada siswadengan memori kerja rendah (F= 97,011; signifikansi 0,001), dan (3) terdapatperbedaan kemampuan menulis bahasa Inggris sebagai akibat adanya pengaruhinteraktif yang signifikan antara teknik menulis dan memori kerja tehadapkemampuan menulis bahasa Inggris (F = 5,853; signifikansi 0,001). Uji lanjutjuga dilakukan dengan menggunakan uji LSD.Berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan teknikMOSE berbantuan blog dan juga memori kerja bepengaruh terhadap kemampuanmenulis bahasa Inggris. Oleh sebab itu, maka kedua faktor tersebut harus dapatditerapkan oleh pendidik di dalam proses pembelajaran, khususnya dalampembelajaran menulis bahasa Inggris.

Kata kunci : Teknik Menulis Teknik MOSE Berbantuan Blog, TeknikKonvensional, Memori Kerja, Kemampuan Menulis dalamBahasa Inggris,




DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v1i1.285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: