PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ONLINE MATA KULIAH MICRO TEACHING DENGAN MODEL BORG & GALL PADA PROGRAM S1 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS STKIP AGAMA HINDU SINGARAJA

Gede Agus A rya Saputra Yasa

Abstract


ABSTRAK

Yasa , G. A. A. S. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Online Mata Kuliah MicroTeaching dengan Model Borg & Gall pada Program S1 PendidikanBahasa Inggris STKIP Agama Hindu Singaraja. Tesis. Program StudiTeknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana UniversitasPendidikan Ganesha, Singaraja. Pembimbing (I) Prof. Dr. NaswanSuharsono, M.Pd., (II) Dr. I Dewa Putu Raka Rasana, M.Ed.

Kata kunci: bahan ajar online, weblog, micro teaching, mengajar bahasa Inggris

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupabahan ajar online mata kuliah micro teaching untuk mahasiswa semester VIProgram Studi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Agama Hindu Singaraja.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan(research and development) model Borg & Gall, langkah-langkah pengembangansebagai berikut. (1) Penelitian dan pengumpulan data awal. (2) Perencanaan. (3)Pembuatan produk awal. (4) Uji coba awal. (5) Perbaikan produk awal. (6) Ujicoba lapangan. (7) Perbaikan produk operasional. Validasi produk pengembanganmencakup (1) uji ahli isi, (2) uji ahli media, (3) uji ahli desain pembelajaran, (4)uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, (6) uji coba kepada dosenpengampu mata kuliah micro teaching dan (7) uji lapangan.Hasil validasi ahli isi untuk media bahan ajar online sebesar 97.93%berkualifikasi sangat baik, buku panduan dosen sebesar 100% berkualifikasisangat baik, dan buku panduan mahasiswa sebesar 100% berkualifikasi sangatbaik. Hasil validasi ahli media untuk media bahan ajar online sebesar 92%berkualifikasi sangat baik, buku panduan dosen sebesar 96% berkualifikasi sangatbaik, dan buku panduan mahasiswa sebesar 100% berkualifikasi sangat baik.Hasil validasi ahli desain untuk media bahan ajar online sebesar 92%berkualifikasi sangat baik, buku panduan dosen sebesar 100% berkualifikasisangat baik, dan buku panduan mahasiswa sebesar 96% berkualifikasi sangat baik.Hasil uji coba mahasiswa pada uji coba perorangan untuk media bahan ajar onlinesebesar 81.81% baik. Hasil uji coba kelompok kecil untuk media bahan ajaronline sebesar 79.17% baik. Hasil uji coba user (dosen) untuk media bahan ajaronline sebesar 94.88% berkualifikasi sangat baik, buku panduan dosen sebesar100% berkualifikasi sangat baik, dan buku panduan mahasiswa sebesar 100%berkualifikasi sangat baik. Hasil uji coba lapangan untuk media bahan ajar onlinesebesar 83.17% berkualifikasi baik.Memperhatikan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa bahan ajaronline sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan sebagai suplemenpada proses belajar dan pembelajaran mata kuliah micro teaching untukmahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIPAgama Hindu Singaraja.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v1i1.286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: