PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUKASADA

I Gede J aka Mahendra

Abstract


ABSTRAK

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produkberupa media pembelajaran menggunakan blog untuk siswa kelas VII di SMPNegeri 1 Sukasada.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan(research and development), dengan desain pengembangan yang dipilih adalahmenggunakan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1) analysis, (2) design, (3) development, (4)implementation, dan (5) evaluation. Validasi produk pengembangan mencakup (1)uji ahli isi mata pelajaran, (2) uji ahli media pembelajaran, (3) uji ahli desainpembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, (6) uji cobakelompok besar, dan (7) uji coba kepada guru mata pelajaran.Hasil review dari ahli isi mata pelajaran, ahli media pembelajaran dan ahlimedia menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis blog yang dikembangkansudah sesuai. Hasil validasi ahli isi mata pelajaran untuk media pembelajaranberbasis blog sebesar 71,67% berada pada kualifikasi baik. Hasil validasi ahlimedia pembelajaran untuk media pembelajaran berbasis blog sebesar 91,25%berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil validasi ahli desain pembelajaran untukdesain media pembelajaran berbasis blog sebesar 82% berada pada kualifikasisangat baik. Hasil uji coba lapangan pada uji coba perorangan untuk multimediapembelajaran mandiri sebesar 85,22% berada pada kualifikasi sangat baik. Hasiluji coba kelompok kecil untuk multimedia pembelajaran mandiri sebesar 80,48%berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba lapangan untuk multimediapembelajaran mandiri sebesar 84,95% berada pada kualifikasi sangat baik. Hasiluji coba guru untuk multimedia pembelajaran mandiri sebesar 82,5% berada padakualifikasi sangat baik.Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan ahli isipembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli desain pembelajaran serta hasildari uji coba lapangan media pembelajaran berbasis blog sudah teruji kelayakan,keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaranteknologi informasi dan komunikasi kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada.

Kata kunci: media pembelajaran, blog, teknologi informasi dan komunikasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v1i1.287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: