PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PENALARAN FORMAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

I Made Pait

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranproblem solving dan penalaran formal terhadap prestasi belajar matematika.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Nusa PenidaTahun Pelajaran 2011/2012 dengan melibatkan 80 orang siswa sebagai subyekpenelitian yang diambil dengan teknik random sampling.Data prestasi belajar matematika dikumpulkan dengan tes prestasi belajarmatematika dan data penalaran formal dikumpulkan dengan tes penalaran formal.Data prestasi belajar matematika selanjutnya dianalisis dengan uji statistik Anavadua jalur( ANAVA AB) dan uji Scheffe.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasibelajar matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran problemsolving dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2)Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan penalaran formalterhadap prestasi belajar matematika pada siswa, (3) Terdapat perbedaan prestasibelajar matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran problemsolving dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelompoksiswa yang memiliki penalaran formal tinggi, dan (4) Terdapat perbedaan prestasibelajar matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran problemsolving dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelompoksiswa yang memiliki penalaran formal rendah.Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, terdapat pengaruh modelpembelajaran problem solving dan penalaran formal terhadap prestasi belajarmatematika bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nusa Penida Tahun Pelajaran2011/2012.

Kata kunci: Model Problem Solving, Penalaran Formal, Prestasi BelajarMatematika.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v1i1.288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: