PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI PERANGKAT BLENDED LEARNING UNTUK PELAKSANAAN DIKLAT PENYUSUNAN BAHAN AJAR DI BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEAGAMAAN DENPASAR

Hisan Ahmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berupa e-learning sebagai perangkat blended learning yang valid, praktis, dan efektif dalam pelaksanaan diklat penyusunan bahan ajar di Balai Diklat Keagamaan Denpasar. Penelitian pengembangan ini didasari karena masih kurangnya ragam media dan bahan pembelajaran yang digunakan pada pelaksaan diklat, metode pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dan masih terbatasnya komunikasi antara widyaiswara dengan peserta diklat. Prosedur pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation.
Hasil penelitian menunjukkan e-learning yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa e-learning sebagai perangkat blended learning berada pada kategori sangat baik berdasarkan uji coba para ahli. E-learning juga telah memenuhi aspek kepraktisan dilihat dari respon peserta terkait kemudahan penggunaan dan kemenarikan antarmuka. Hasil uji-t menunjukkan, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil diklat penyusunan bahan ajar peserta diklat sebelum dan setelah menggunakan e-learning sebagai perangkat blended learning, di mana nilai rata-rata posttest lebih lebih besar dari nilai rata-rata pretest dan telah mencapai kriteria keberhasilan. Berdasarkan hal tersebut, e-learning sebagai perangkat blended learning dinilai efektif dalam meningkatkan hasil diklat penyusunan bahan ajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v9i1.2885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: