PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN DI STIT JEMBRANA

Khutum Bafaqih

Abstract


Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu: (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan mobile learning berbasis proyek pada mata kuliah media pembelajaran, (2) mendeskripsikan kualitas hasil validasi pengembangan mobile learning berbasis proyek yang dikembangkan menurut review para ahli dan uji coba produk pada mata kuliah Media Pembelajaran, (3) untuk mengetahui efektivitas mobile learning berbasis proyek yang dikembangkan terhadap hasil belajar mata kuliah Media Pembelajaran.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Dengan menggunakan model pengembangan AM3PU3. yang terdiri dari lima tahapan utama, yaitu, (1) mentukan mata pelajaran, (2) menganalisis kebutuhan, (3) proses pengembangan draft, (4) menyusun draft pengembangan, dan (5) tinjauan ahli dan uji coba. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini  adalah kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan tes tertulis. Mengacu pada metode, maka instrumen yang digunakan adalah kuesioner, dan tes. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis secara analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial (uji-t).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) rancang bangun mobile learning berbasis proyek yang terdiri dari lima tahapan dari model AM3PU3. (2) kelayakan kualitas hasil validasi pengembangan mobile learning berbasis proyek terdiri dari: ahli isi (91,35%) sangat baik, ahli media berpredikat sangat baik (90,75%), ahli desain berpredikat sangat baik (94%), uji coba perorangan, kelompok kecil dan uji coba lapangan berpredikat  baik (87,84%), (75,51%) dan (88,82%), (3) efektivitas pengembangan mobile learning berbasis proyek menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dalam penerapan pembelajaran dengan menggunakan mobile learning berbasis proyek terhadap hasil belajar Media Pembelajaran. Perhitungan hasil belajar diperoleh t hitung sebesar 4,256 dan harga t tabel dengan taraf signifikansi 5% adalah 2.00. Hal ini berarti nilai rerata atau mean kelompok eksperimen lebih besar dari nilai rerata kelompok kontrol, dapat dikatakan bahwa mobile learning berbasis proyek pada mata kuliah Media Pembelajaran secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar Media Pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v9i1.2886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: