PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING BERBASIS SELF REGULATED LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP LABORATORIUM UNDIKSHA

Gede Satya Narendra Arya

Abstract


Masalah yang ditemukan di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja yaitu masih kurangnya media pembelajaran yang digunakan dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII yang banyak belum tuntas. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan e-learning pada mata pelajaran IPS, (2) Untuk mendeskripsikan review ahli isi, review ahli desain, review ahli media terhadap pengembangan konten e-learning berbasis self regulated learning pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Laboratorium undiksha (3) Untuk mendeskripsikan uji perorangan, review uji kelompok kecil, review uji coba lapangan tentang pengembangan konten e-learning berbasis self regulated learning pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Laboratorium undiksha, (4) Untuk mendeskripsikan efektifitas produk e-learning berbasis self regulated learning pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Laboratorium undiksha. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan model pengembangan yang digunakan adalah model Luther. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes tertulis. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Rancang bangun e-learning mata pelajaran IPS dengan model Luther meliputi enam tahapan. (2) E-learning mata pelajaran IPS yang dikembangkan valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan konten e-learning berpredikat baik (88%), (b) hasil review ahli e-learning menunjukkan produk berpredikat cukup baik (70%), (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan konten e-learning berpredikat baik (80%), (d) hasil uji coba perorangan dengan klasifikasi baik, uji coba kelompok kecil dengan klasifikasi sangat baik dan uji coba lapangan menunjukkan e-learning berpredikat  baik (88,66%), (91,7%) dan (87,33%). Efektivitas penggunaan konten e-learning berbasis SRL menunjukkan bahwa terdapatnya perbedaan yang signifikan dalam penerapan konten elearning berbasis SRL terhadap hasil belajar IPS. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t memberikan hasil signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik sebelum belajar dengan bahan ajar konten e-learning berbasis SRL dan setelah belajar dengan bahan ajar konten e-learning berbasis SRL. Hasil belajar berdasarkan pencapaian nilai rata-rata posttest (M= 88,60) (SD=5.376) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest kategori rendah (M=48,00) (SD=8.250). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten e-learning berbasis SRL mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v9i1.2888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: