PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELASVI DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA CD INTERAKTIF DILENGKAPI BAHASA ISYARAT DI SLB-B NEGERI SINGARAJA

I Wayan Cirtha

Abstract


ABSTRAKPenelitian tindakan kelas ini bertujuan:meningkatkan hasil belajar IPA siswa, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media CD interaktif dilengkapi bahasa isyarat.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SLB-B Negeri Singaraja tahun pelajaran 2011/2012 semester II yang berjumlah 4 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA, dan tanggapan siswa. Hasil belajar yang dimaksud adalah kemampuan yang mencakup aspek kognitif yang dikumpulkan dengan pemberian lembar kerja siswa (LKS), tugas-tugas (PR), kuis, dan tes hasil belajar akhir siklus. Data tanggapan siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Data yang telah terkumpul tersebut, selanjutnya dianalisis secara deskriptif.

Hasil analisis menunjukkan: nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu dari 74,50 dengan ketuntasan klasikal 50,0% pada siklus I menjadi sebesar 85,25 dengan ketuntasan klasikal 100% pada siklus II; dan  tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media CD interaktif dilengkapi bahasa isyarat dalam pembelajaran IPA adalah dengan skor rata-rata sebesar 84,78 dan berada pada kategori positif.

Kata-kata kunci: model pembelajaran kontekstual, CD interaktif,  prestasi belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v1i1.289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: