PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN SATU ATAP KLUMPU DAN SMPN SATU ATAP 1 BATUKANDIK

I Wayan Pantes

Abstract


ABSTRAK

Pantes I Wayan, 2012: Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Prestasi BelajarIPS Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMPN SatuAtap Klumpu dan SMPN Satu Atap 1 Batukandik, Tesis,Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana,Universitas Pendidikan GaneshaTesis ini sudah dikoreksi dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Prof. Dr. Sukadi,M.Pd, M.Ed dan Pembimbing II: Dr. I Made Tegeh,M.PdKat-kata kunci: metode role playing, minat belajar, prestasi belajar IPSPenelitian ini bertujuan, (1) mengalisis perbedaan prestasi belajar IPSsiswa antara metode role playing dengan metode konvensional (2) mangalisisperbedaan prestasi belajar IPS yang signifikan antara siswa yang memilki minatbelajar tinggi dengan minat belajar rendah, (3) mengalisis perbedaan prestasibelajar IPS sebagai akibat pengaruh interaksi antara metode belajar dengan minatbelajar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen the post-test only controlgroup design.Penelitian ini melibatkan 116 orang siswa sebagai populasi pelitian yangdipilih dengan random sampling. Data Prestasi belajar IPS dikumpulkan melaluites prestasi IPS yang terdiri dari butir-butir dan konstitusi internal dan data minatdengan tes minat belajar. Data yang terkumpul dianalisa dengan uji statistikAnava Dua Jalur dan Uji TukeyHasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan prestasibelajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran role playing dengan siswayang mengikuti pembelajaran metode konvensional. Ini berarti antara siswa yangbelajar dengan metode role playing lebih baik prestasi belajarnya dari siswa yangbelajar dengan metode konvensional. (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar IPSantara siswa memiliki minat belajar tinggi dengan siswa yang memiliki minatbelajar rendah. (3) Terdapat perbedaan prestasi belajar IPS sebagai akibatpengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan minat belajar. Pada siswayang memiliki minat belajar tinggi ada perbedaan prestasi belajar IPS antarametode role playing dengan metode konvensioanl. Ini berarti prestasi belajar IPSantara metode role playing dengan minat belajar tinggi lebih baik dari siswa yangbelajar metode konvensional dengan minat tinggi.Pada siswa yang memiliki minat belajar rendah ada perbedaan prestasibelajar IPS yang signifikan antara metode role playing dengan metodekonvensioanl. Ini berarti prestasi belajar IPS antara metode konvensional denganminat belajar rendah lebih baik dari siswa yang belajar metode role playingdengan minat rendah




DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v1i1.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: