PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MODEL BORG AND GALL UNTUK PELAJARAN PRODUKTIF MENGGABUNGKAN FOTOGRAFI DIGITAL KE DALAM SAJIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Ketut Kemahyasa

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran multimediainteraktif di SMKN 3 Singaraja. Secara lebih operasional tujuan tersebut dirincisebagai berikut; (1) mendeskripsikan tanggapan ahli isi, ahli media, ahli desainpembelajaran, (2) mendeskripsikan tanggapan siswa perorangan dan kelompok kecil,(3) mendeskripsikan tanggapan guru pengampu mata pelajaran terhadap multimediainteraktif yang dikembangkan dan (4) menganalisis efektifitas media yangdikembangkan. Multimedia interaktif mencakup Standar KompetensiMenggabungkan Fotografi Digital ke Dalam Sajian Multimedia((MFDKSMM).Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, Research andDevelopment (R & D), yang mengacu pada model Borg And Gall. Subyek coba padatahap ini dilakukan oleh seorang ahli isi mata pelajaran, seorang ahli desainpembelajaran dan seorang ahli media pembelajaran, guru pengampu mata pelajaranbersangkutan dan siswa kompetensi keahlian Multimedia. Pengumpulan datadilakukan dengan kuisioner, data hasil pretest dan posttest dianalisis secara deskriptifdengan paired sample T test.Hasil review dari ahli isi dan ahli media menyatakan bahwa produk yangdikembangkan sudah sesuai. Hasil tanggapan ahli desain untuk uji ahli desainpembelajaran memperlihatkan bahwa ahli desain memberikan tanggapan baik denganpersentase 82,95%. Hasil tanggapan peserta didik untuk uji siswa peroranganmemperlihatkan bahwa peserta didik memberikan tanggapan sangat baik. Hasilpersentase untuk uji siswa perorangan sebesar 92,22% terletak pada kualifikasi sangatbaik. Hasil tanggapan peserta didik untuk uji kelompok kecil memperlihatkan bahwapeserta didik memberikan tanggapan sangat baik. Hasil persentase untuk ujikelompok kecil sebesar 88,33% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil tanggapanpendidik untuk uji lapangan memperlihatkan bahwa pendidik memberikan tanggapansangat baik dengan persentase 100%. Hasil tanggapan peserta didik untuk ujilapangan memperlihatkan bahwa peserta didik memberikan tanggapan sangat baik.Hasil persentase keseluruhan peserta didik untuk uji lapangan sebesar 98,2% dengankualifikasi sangat baik. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t untukmembandingkan prestasi belajar sebelum dan sesudah menggunakan multimediainteraktif memberikan hasil Thitung= 0,001 lebih kecil dari 0,05. Ini berarti bahwapenggunaan Multimedia Interaktif pada mata pelajaran Produktif MFDKSMMdengan pembelajaran mandiri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadaptingkat penguasaan pengetahuan faktual, konsep dan prosedural mata pelajaranproduktif menggabungkan fotografi digital ke dalam sajian multimedia.

Kata kunci: pengembangan, multimedia interaktif, pelajaran produktif.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v1i2.295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: