IMPLEMENTASI MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SLB C NEGERI SINGARAJA

Magdalena Chatarina Eksi Murniati

Abstract


ABSTRAK

Kata kunci: multimedia, kemampuan membaca, kemampuan menulis.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas III SLB C Negeri Singaraja pada pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini diadakan karena berdasarkan observasi awal ditemukan bahwa siswa memiliki kemampuan kurang dalam membaca dan menulis  pada pelajaran bahasa Indonesia.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Subyek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SLB C Negeri Singaraja dengan keseluruhan subyek berjumlah 6 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes obyektif, pekerjaan rumah, lembar observasi, dan juga wawancara. Data dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan multimedia mampu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis. Peningkatan nilai siswa dari siklus I dan siklus II mampu menunjukkan hasil yang diharapkan dari penelitian ini. Berdasarkan hasil wawancara antara guru dan guru sejawat menunjukkan bahwa siswa menyukai pembelajaran dengan multimedia.

Data yang dikumpulkan selama pelaksanaan pretest pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 7.25 dan ketuntasan klasikal sebesar 66.67. Hasil posttest yang dilakukan pada akhir siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 7.64 dengan ketuntasan klasikan sebesar 83.88. Pelaksanaan dari pretest pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 7.58 dan ketuntasan klasikal sebesar 83.33. Hasil posttest yang dilaksanakan pada akhir siklus II menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 8.13 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v1i2.296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: