Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition Berbantuan Media Pembelajaran I-Spring Terhadap Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA

I Made Adi Palguna, Ni Nyoman Parwati, Dewa Gede Hendra Divayana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory,Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media pembelajaran I-Spring terhadap motivasi dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent pretest-postest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang dibagai menjadi tiga dimensi, yaitu model pembelajaran AIR berbantuan media pembelajaran I-Spring, model pembelajaran AIR, dan model pembelajaran direct instruction. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 500 orang. Banyak sampel dalam penelitian ini adalah 96 orang yang diambil dengan metode cluster random sampling. Data dalam penelitian ini adalah data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan dengan tes berbentuk uraian. Analisis data yang digunakan adalah Multivariate Analysis of Covariate (Mancova) dengan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan antara motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa secara bersama-sama antara siswa yang menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan media pembelajaran I-Spring, model AIR, dan model direct instruction, (2) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan media pembelajaran I-Spring, model AIR, dan model direct instruction, (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan media pembelajaran I-Spring, model AIR, dan model direct instruction. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran AIR berbantuan media pembelajaran I-Spring berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika.

 

Kata kunci: AIR; Direct Instruction; I-Spring, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika; Motivasi


Full Text:

PDF

References


Agoestanto, A., Priyanto, O. Y. S., & Susilo, B. E. (2018). The effectiveness of auditory intellectually repetition learning aided by questions box towards students’ mathematical reasoning ability grade XI SMA 2 Pati. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), 17-23. Tersedia pada https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/15828. Diakses 25 September 2019.

Al-Tabani & Trianto, I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Amali, I, N., Kadir, N, T., & Latief, M. 2019. Development of e-learning content with H5P and I-Spring features. Journal. International Conference on Education, Science and Technology. Tersedia pada https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1387/1/012019. Diakses pada 10 Maret 2020.

Aprianti, & Kesumawati, N. (2019). Pengaruh model auditory intellectual repetition terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari disposisi matematis di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA. 5(1), 10-21. Tersedia pada http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/2729. Diakses pada 04 Oktober 2019.

Chaeroni, Y., Hamdani, N. A., Margana, A., et al. (2019). Penerapan I-Spring Suite 8 Pada Model Pembelajaran Improve untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Program Linear Di Tingkat Sekolah Menengah. GUNAHUMAS Jurnal Kehumasan. 2(2), 375-386. Tersedia pada https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas/article/view/23026. Diakses 25 Mei 2020.

Elisa, L.,Hadiyanto., & Fitri, Y. 2019. Application Of Learning Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) to Increase Student Activity and Learning Outcomes in 2013 Curriculum Integrated Thematic Learning in Class IV SDN 06 Hand Of Padang. International Journal of Educational Dynamics. 1(2), 156-162. Tersedia pada http://ijeds.ppj.unp.ac.id/index.php/IJEDS/article/view/126. Diakses pada 10 Maret 2020.

Fauyan,M. 2019. Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Learning with the Insight Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. 6(2), 177-190. Tersedia pada https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/4173. Diakses pada 10 Maret 2020.

Irmayanti. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan dan Matematika (AXIOM). 3(2): 132-141. Tersedia pada http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/6332. Diakses 25 Mei 2020.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 59, Tahun 2014, Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.

Manurung, D,I., & Sagita, R. 2019. Auditory, Intellectually, and Repetition (AIr) Learning Model in Listening Procedural Text. Journal. The 1st Multi-Discipinary International conference University Of Asahan. Tersedia pada http://jurnal.una.ac.id/index.php/seminter2019/article/view/582. Diakses pada 10 Maret 2020.

Muchayat. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Strategi IDEAL Problem Solving Bermuatan Pendidikan Karakter. Jurnal PP. 1(2): 2089-3639.Tersedia pada https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpppasca/article/download/1545/1721+&=1&hl=id&ct=clnk&gl=id. Diakses 29 September 2019.

Ningrum, F, V.,& Muinah. 2019. Developing teaching material for second ordered differential equation using Ispring Pro. Proceedings Of The Second Ahmad Dahlan International Conference On Mathematics And Mathematics Education. Tersedia pada http://seminar.uad.ac.id/index.php/adintercomme/article/view/2266. Diakses pada 10 Maret 2020.

Noer, J., Kresnadi, H., & Halidjah, S. (2017). Penggunaan Program Ispring 7.0 Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 6(12), 2715-2723. Tersedia pada http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23267/18385. Tersedia pada 25 Februari 2020.

Nurwijayanti, A., Budiyono., & Fitriana, L. (2019). Combining Google Sketchup and Ispring Suite 8: A Breakthrough to Develop Geometry Learning Media. Journal on Mathematics Education. 10(1), 103-116. Tersedia pada https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/5380. Diakses pada 10 Maret 2020.

PISA (2018). Programme for International Student Assessment (PISA). Tersedia pada https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm. Diakses pada 03 Maret 2020.

Putriyani, M., Tjandrakirana., Haryono, E.. (2019). Development Science Learning Media Based on Ispring Suite 8 to Increase Scientific Literacy at Primary School. International Journal of Innovative Science and Research Technology. 4(7), 511-516. Tersedia pada https://ijisrt.com/development-science-learning-media-based-on-ispring-suite-8-to-increase-scientific-literacy-at-primary-school. Diakses pada 10 Maret 2020.

Ritonga, S. M. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Siswa SMP Negeri 28 Medan Melalui Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi React. Jurnal Pendidikan dan Matematika (AXIOM). 4(1), 2087-8249. Tersedia pada http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/766. Diakses pada 12 Februari 2020.

Rizqi, A.A., Yusmansyag., & Mayasari, S. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar. ALIBIKIN (Jurnal Bimbingan Konseling). 6(2), 1-15 Tersedia pada http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/15149. Diakses pada 4 Juni 2020

Rosneli, M.R., Fadhilaturrahmi., & Hidayat, A (2019). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Sekolah Dasar. Journal On Teacher Education. 1(1), 70-78. Tersedia pada https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/506/433. Diakses pada 4 Juni 2020.

Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Subanji. 2015. Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Malang: UM Press.

Sutiyani, I., Sukaesih, S., & Mustikaningsih, D. (2017). Applying Auditory Intellectually Repetition (AIR) Model in Cell Material for Student Result. Journal of Biology Education. 6(2), 128-136. Tersedia pada https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/19311. Diakses pada 25 Mei 2020.

Wardana, S. 2019. Implementasi Gamifikasi Berbantu Media Kahoot Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 3 di SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. 17(2), 46-57. Tersedia pada https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/28693. Diakses pada 4 Juni 2020.

Wijayanto, P. A., Utaya, S., & Astina, I. K. (2017). Increasing student’s motivation and geography learning outcome using active debate method assisted by ISpring Suite. International Journal Of Social Sciences and Management. 4(4), 240-247. Tersedia pada https://www.nepjol.info/index.php/IJSSM/article/view/18336. Diakses pada 25 September 2019.

Winarti, E., & Suharto, B. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition Pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. JCAE, Journal of Chemistry and Education. 1(1), 28-36. Tersedia pada http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/62. Diakses pada 25 Mei 2020.

Yaumi, M. (2016). Terminologi Teknologi Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan. 5(1), 191-208. Tersedia pada http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/InspiratifPendidikan/article/download/3471/3259. Diakses pada 10 Maret 2020.




DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v10i2.3350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: