Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi IPA Terpadu dan Kemandirian Belajar Siswa

Ni Wayan Astikawati, I Made Tegeh, I Wayan Sukra Warpala

Abstract


Kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemandirian belajar merupakan bagian dari penguatan pendidikan karakter (PPK) dan keterampilan Abad 21 yang harus dicapai siswa pada mata pelajaran di jenajang pendidikan dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA terpadu dan kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP Widiatmika antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang mengunakan direct instruction. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning (PBL), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dan kemandirian belajar siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 63 orang yang diambil dengan metode random sampling. Penelitian ini menggunakan dua instrumen, yaitu tes kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dan angket kemandirian belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah Multivariate Analysis of Covariate (Mancova) dengan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan secara simultan penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dan kemandirian belajar siswa nilai F = 6,530 dan nilai sig.= 0.003 dengan taraf signifikansi 0,05. (2) terdapat perbedaan yang signifikan penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dengan nilai F = 4,170 dan nilai sig.= 0.046 dengan taraf signifikansi 0,05.  (3) terdapat perbedaan yang signifikan penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai F = 4,170 dan nilai sig.= 0.046 dengan taraf signifikansi 0,05.  Berdasarkan temuan-temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dan kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP Widiatmika.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Kemandirian Belajar Siswa; PBL


Full Text:

PDF

References


Agustiana, I. G. A. T., & Tika, I. N. (2013). Konsep Dasar IPA Aspek Fisika dan Kimia. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Amin, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi. Jurnal Pendidikan Geografi, 4(3), 25-36. Terdapat pada http://ppjp.unlam.ac.id/journal/ index.php/jpg.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing : Arevision of Bloom’s Taxonomy of education objectives. New York : Addison Wesley Lonman Inc.

Arends, R. (2008). Learning to Teach. New York: Mc Graw Hill Companies

Argaw, A.S., Haile, B. B., Ayalew, B. T., & Kuma, S. G. (2017). The effect of problem based learning (PBL) instruction on students motivation and problem solving skills of physics. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(3), 857-871. Available at DOI:10.12973/eurasia.2017.00647a.

Astriani, N., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The effect of problem based learning to students’ mathematical problem solving ability. International Journal Of Advance Research And Innovative Ideas In Education, 3(2), 3441-3446. Available at https://www.researchgate.net/publication/ 318562413.

Candiasa, I M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V. Andi OFFSET.

Dantes, N. 2014. Landasan Pendidikan Tinjauan dari Dimensi Makropedagogis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

King,. Goodson, L., & Rohani, F. (1997). Higher order thinking skill: Definition, teaching strategies, and assessment. An Educational services program, now known as the center for advancement of learning and assessment.

Koyan, I. W. (2011). Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Santyasa, I W. (2012). Pembelajaran Inovatif. Singaraja: Undiksha Press.

Yusri. A. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal Mosharafa, 7(1), 51-62. Terdapat pada http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa.




DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v10i2.3351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: