PENGARUH E-LEARNING DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung e-learning dan lingkungan kampus terhadap motivasi belajar dan minat belajar serta peran motivasi belajar dalam memediasi pengaruh e-learning dan lingkungan kampus terhadap minat belajar. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan metode kausalitas. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Undiknas Denpasar Program Sarjana (S1) dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dilakukan lewat kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis menggunakan program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh langsung e-learning dan lingkungan kampus terhadap motivasi belajar adalah positif dan signifikan dengan nilai standardized estimate e-learning sebesar 0,201 dan lingkungan kampus sebesar 0,517. Pengaruh langsung e-learning dan lingkungan kampus terhadap minat belajar adalah positif dan signifikan dengan standardized estimate e-learning sebesar 0,279 dan lingkungan kampus sebesar 0,287. Pengaruh tidak langsung e-learning terhadap minat belajar melalui motivasi belajar diperoleh besarnya nilai z hitung = 2,3849 > dari nilai z mutlak (1,96). Begitu pula jika dibandingkan antara nilai z hitung dengan z kritis, nilai z hitung = 2,3849 > z tabel =1,64. Motivasi belajar merupakan variabel mediasi pengaruh e-learning terhadap minat belajar. Pengaruh tidak langsung lingkungan kampus terhadap minat belajar melalui motivasi belajar diperoleh besarnya nilai z hitung = 3,2068 > dari nilai z mutlak (1,96). Motivasi belajar merupakan variabel mediasi pengaruh lingkungan kampus terhadap minat belajar. Perubahan motivasi belajar dipengaruhi oleh e-learning dan lingkungan kampus sebesar 33,5% dan perubahan minat belajar dipengaruhi oleh e-learning, lingkungan kampus dan motivasi belajar sebesar 34,9%.
Kata kunci: E-Learning; Lingkungan Kampus; Minat Belajar; Motivasi Belajar
Full Text:
PDFReferences
Andriana, A. (2017). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2),77-99.
Aulawi, H. (2017). Peningkatan motivasi belajar dipengaruhi oleh lingkungan kampus. Jurnal Administrasi Kantor, 5(1), 115-122.
Divayana, D. G. H. (2017). Evaluasi pemanfaat e-learning menggunakan model CSE-UCLA. Cakrawala Pendidikan. Th. XXXVI(2), 280-289.
Fauziah. A., Rosnaningsih A., Azhar S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 4(1), 47-53.
Hatip, H., Listiana, Y. (2019). Minat, kemandirian dan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika dalam e-learning berbasis Edmodo. Jurnal Aksioma, 8(3), 485-496. Terdapat pada https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2261. Diakses 9 Maret 2020.
Ibrahim, D., Septumarsa, S., Siti, P. (2015). Pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66-79.
Kew, S. N., Petsangsri, S., Ratanaolarn, T., & Tasir, Z. (2018). Examining the motivation level of students in e-learning in higher education institution in Thailand: A case study. Educ Inf Technol, 23(6), 2947-2967. Terdapat pada https://doi.org/10.1007/s10639-018-9753-z. Diakses 12 Desember 2018.
Kazakova, J. K., & Shastina, E. M. (2019). The impact of socio-cultural differences of formation of intrinsic motivation: the case of local and foreign students. Learning and Motivation, 15, 1-9. Terdapat pada https://doi.org/10.1016/j.lmot.2018.10.001 . Diakses 25 Desember 2019.
Kadir, A. (2012). Dasar-dasar pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Khairani, M. (2014). Psikologi belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo
Kompasiana. (2019). Meningkatkan motivasi belajar generasi milenial. Edisi 9 Juni 2019
Lin, M, H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effect of digital learning on learning motivation and learning outcome. EURASIA Journal of Mathematics and Technology Education, 13(7), 3553-3564. Terdapat pada https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a. Diakses 12 Desember 2018
Magdalena, Y., & Napitupulu, T A. (2018). Critical factors in e-learning influencing student motivation and collaboration in indonesian higher education institution. Journal The WINNERS, 19(1), 9-19. Terdapat pada http://journal.binus.ac.id/index.php/winners/ article/download/4244/3363. Diakses 2 Desember 2018
Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran teknologi informasi. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan. 18(1), 811-819. Terdapat pada http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose
Roza, N. (2015). Pengaruh lingkungan pendidikan terhadap minat belajar bahasa arab siswa kelas VIII MTsN Wonokromo Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. E-Journal Universitas Negeri Sunan Kalijaga, 11, 23-38.
Sulisworo, D., & Dahlan, A. (2017). Dampak pembelajaran e-learning terhadap motivasi pada pembelajaran fisika di sekolah kejuruan, Jurnal Berkala Fisika Indonesia, 9(1), 1-7. Terdapat pada http://journal.uad.ac.id/index.php/BFI/article/view/6658. Diakses 6 Januari 2019
Swastika I W. K. (2017). Pengaruh lingkungan terhadap motivasi belajar mahasiswa STIKOM Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 23(2), 75-88. Terdapat pada http://triatmamulya.ejurnal.info/index.php/triatmamulya/article/view/93. Diakses 25 Desember 2019
Syah, M. (2010), Psikologogi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukerti, N. M. B. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Tesis (Tidak diterbitkan). Program Magister Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Wena, M. (2018). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tinjauan, konseptual operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Yusuf, S. (2012). Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v10i2.3354
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: