PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING BERBASIS SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AIRLINE RESERVATION

Ani Sri Wahyuni, I Wayan Sukra Warpala, Ketut Agustini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk:  1) menghasilkan produk konten e-learning Airline Reservation untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik, 2) mendeskripsikan tanggapan ahli isi, peserta didik dan guru; 3) menganalisis efektivitas produk penelitian, dengan melihat perbedaan hasil pretest dan posttest yang dicapai peserta didik. Penelitian dilakukan dengan model pengembangan Dick and Carey dengan sepuluh tahapan pengembangan pembelajaran. Uji kelayakan dilakukan dengan instrumen kuesioner dan untuk mengukur efektivitas penggunaan e-learning dilakukan dengan tes hasil belajar pre test dan post test.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: konten e-learning Airline Reservation telah dikembangkan dan diimplementasikan pada jaringan internet serta proses pembelajaran setelah mendapatkan hasil penilaian para ahli dan guru. Berdasarkan nilai mean posttest lebih besar dari nilai mean pretest, dapat dikatakan bahwa konten e-learning Airline Reservation dapat meningkatkan hasil belajar Pemesanan Tempat siswa kelas XI UPW.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Konten E-Learning; Self Regulated Learning

 


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A.G. 2010. Metodologi penelitian pendidikan: suatu pengatar. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.

Amiroh. 2012. Membangun e-learning dengan learning management system moodle. Sidoarjo: PT Berkah Mandiri Globallindo.

Amri, S & Ahmadi. 2010. Proses pembelajaran kreatif dan inovatif dalam kelas. Jakarta: PT Hasil Pustakaraya.

Arikunto, S. 2005. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, S. 2005. Manajemen penelitian (Edisi revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Azhar, A. 2002. Media pembelajaran edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Bariah, S.H. & Sidik, S.M., 2019. Penerapan konten e-learning berbasis scorm untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Jurnal PETIK Volume 5, Nomor 1, Maret 2019. Tersedia di www.journal.institutpendidikan.ac.id. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2019.

Darsono, M. 2000. Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dick, W. Carey, L. & Carey, J.O. 2005. The systematic design of instruction. Boston: Perason.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2002. Strategi belajar mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Hamalik. O. 2008. Proses belajar mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Handayanto, A. Rasiman, S. & Ariyanto, L. 2015. Pembelajaran e-learning menggunakan moodle pada matakuliah Metode Numerik. Jurnal Informatika UPGRIS. volume 1. 42-48. Tersedia di www.e-jurnal.upgrismg.ac.id. Diakses pada tanggal 21 Desember 2018.

Hanum, N.S., Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1, Februari 2013. Tersedia di www.journal.uny.ac.id. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2019.

Harahap, S. H. 2015. Pemanfaatan e-learning berbasis LCMS Moodle sebagai media pembelajaran untuk mata kuliah sistem informasi akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis 15(1). 86-98. Tersedia di www.riset-journal.unmu.ac.id. Diakses pada tanggal 23 Desember 2018.

Hernawati, E. & Aji, P. 2016. Perancangan dan penerapan konten e-learning melalui learning management system dalam meningkatkan motivasi belajar. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence Vol. 2, No. 1, April 2016. Tersedia di www.ejournal.unair.ac.id. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2019.

Irianto, A. 2009. Managing airline reservation system. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Jaya, K. 2006. Aplikasi Pembelajaran online dalam Pengajaran dan Pembelajaran di Sekolah-sekolah Malaysia. http://www.tutor.com. Diakses: 23 Juli 2019

Komalasari, K. 2011. Pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, A.S., 2013. Pengembangan e-learning berbasis learning management system pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal AL-IZZAH Vol. 8 No. 2 November 2013. Tersedia di http://ejournal.iainkendari.ac.id. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2019.

Lin, H. Chen, W. J. & Nien, S. F. 2014. The study of achievement and motivation by e-learning – a case study. International Journal of Information and Education Technology. 4(5). 421-425. Tersedia di www.ijiet.net. Diakses pada tanggal 23 Desember 2018.

Mawardi, M. Anitah, S. & Asrowi. 2014. The model of instructional design based on self-regulated learning using E learningar object oriented dynamic learning environment (MOODLE) 5(22). 131-140. Tersedia di www.iiste.org. Diakses pada tanggal 20 Januari 2018.

Mulyasa. 2005. Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir. 2008. Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta

Nedelko, Z. 2008. Participants’ characteristics for e-learning. Tersedia di www.g-cass.com. Diakses pada tanggal 2 Juni 2019

Nurkancana, S. 1990. Evaluasi hasil belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Prawiradilaga, D.S. 2013. Mozaik teknologi pendidikan e-learning. Jakarta: Prenadamedia.

Purnomo, W. 2009. Presentasi konten pembelajaran berbasis Web disampaikan di Seminar e learning SBI Expo Surabaya 14 Juni 2009. Tersedia di http://wahyupur.wordpress.com/presentasi. Diakses pada tanggal 21 Mei 2018

Purwanto.2011. Evaluasi hasil belajar, Yokyakarta: Pustaka Belajar.

Putra P. D. A. & Sudarti, 2015, Pengembangan sistem e-learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pendidikan fisika, Jurnal Fisika Indonesia 19.(55). 45-48. Tersedia di www.onlinejournal.unej.ac.id. Diakses pada tanggal 23 Desember 2018.

Ramadhani, M. & Marpanaji, E. 2012. Efektivitas penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis web based training terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika Volume 1,Nomor 1, Bulan September 2012. Tersedia di http://journal.student.uny.ac.id. Diakses pada tangal 30 Agustus 2019.

Roblyer, M. D. & Doering, A. H. 2010. Integrating educational technology into teaching. US: Person Education.

Rosenberg, M. J. 2006. Beyond e-learning. San Francisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.

Rusman. 2016. Pengembangan model e-learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Tersedia di https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2019.

Safitri, N. Murbojono, R. & Syamsurizal. 2015. Pengembangan pembelajaran berbasis e-learning dengan aplikasi moodle berdasarkan teori konstruktivistik pada materi menganalisis peluang usaha kelas XI SMK. Jurnal Tekno-Pedagogi 5(1) 64-81. Tersedia di www.online-journal.unja.ac.id. Diakses pada tanggal 21 Desember 2018.

Sagala, S. 2010. Konsep dan makna pembelajaran: untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sahid. 2006. Pembelajaran Kimia Polimer Melalui E-Learning. http://staff.uny.ac.id/sites/, diakses 15 Februari 2018.

Samodra, R. 2009. Pembuatan bahan belajar berbasis online. Jakarta: PTIKP Depdiknas.

Santyasa, I W. 2009. Metode penelitian pengembangan dan teori pengembangan modul. Makalah disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK, Bali 12-14 Januari 2009. Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja.

Santyasa, I W. 2014. Asesmen dan evaluasi pembelajaran fisika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suparman, A. 2012. Desain instruksional moderen: panduan para pengajar & inovator pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Surjono, H.D. 2007. Pengantar e-learning dan implementasinya di UNY. Makalah disampaikan pada Pelatihan Pembelajaran online UNY, 25 Juli 2007. Tersedia di http://staffnew.uny.ac.id. Diakses pada tanggal 27 Januari 2018.

Schunk, D.H. 2012. Learning theories an education perspective (6th end). Translated by Hamidah. E dan Rahmat. F. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin, R. E. 2000. Educational psycologi theori and practice. USA: Ally & Bacon.

Suartama, I K. & Tastra, I D K. 2014. E-learning berbasis moodle. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutanta, E. 2005. Pengantar teknologi informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu

Tegeh, I M & Kirna, I M. 2010. Metode penelitian pengembangan pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Trihendradi, C. 2008. Step by step SPSS 16 analisis data statistik. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Wardhani, U.E. 2008. Usaha jasa pariwisata jilid I. Jakarta:Depdiknas.

Warsita B. 2008. Teknologi pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Wibowo, A.H. 2014. Pemesanan tempat penerbangan. Jakarta: PT. Gramedia.

William, H. & Katherine, H. 2003. E-learning tools and technologies : A consumer guide for trainers, teachers, educators, and instructional designers. USA: Wiley Publishing, Inc.

Wina, S. 2006. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Yani, Y.A., 2015. Penerapan self regulated learning berbasis internet untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Jurnal INVOTEC, Volume XI, No.1, Februari 2015 : 15-22. Tersedia di www.ejournal.upi.edu. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2019.

Yuda, H. I G N, Suma K. & Candiasa I M. 2014. Pengembangan e-learning fisika berorientasi sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kreativitas siswa kelas XI IPA. Tesis (tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v10i1.3394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: