Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA

I Wayan Darma Santika, Ni Nyoman Parwati, Dewe Gede Hendra Divayana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran  berbasis masalah dalam setting pembelajaran daring terhadap prestasi belajar matematika dan kemampuan pemecahan masalah  siswa kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pre-test-post-test non equivalent control group design.  Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bebandem tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 253 orang, yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas yaitu X IBB 1 sebagai kelompok eksperimen dan Kelas X IBB 2 sebagai kelompok control, dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data prestasi belajar matematika dikumpulkan dengan tes obyektif dan data kemampuan pemecahan masalah matematika dikumpulkan dengan tes uraian, yang dikumpulkan sebelum dan pada akhir perlakuan. Analisis data secara statistik deskriptif dan Uji MANCOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam setting pembelajaran daring, menunjukkan: 1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika dan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan model langsung secara bersama-sama, 2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung (p<0,05), 3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung (p<0,05).

 

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah; Matematika Model Pembelajaran Berbasis

                   Masalah; Prestasi Belajar Matematika


Full Text:

PDF

References


Akinoglu, O. & Tandogan, R. O. (2007). The effects of problem-based active learning in science education on students’ academic achievement, attitude and concept learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3 (1). 71-81.

Arikunto, S. (2005). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. (2006). Standar Isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA/MA. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. 2008. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tuntas (Mastery-Learning). Jakarta: Direktorat Jendral Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pembinaan sekolah Menengah Atas.

Fitri, N. & Ramdiah, S. 2017. Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA negeri kota banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 3 (4). 125-135.

Hendriana, H., Johanto T., & Sumarmo, U. 2018. The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9 (2): 291-300.

Harususilo, Y. E. 4 Desember 2019. Skor pisa terbaru indonesia, ini 5 pr besar pendidikan pada era nadiem makarim. Kompas (online).

Julita. 2018. Peningkatan kemampuan pemecahan dan hasil belajar matematika melalui problem based-learning. Jurnal pendidikan matematika (Mosharafa), 7 (1).

Kusuma, D. 4 Nopember 2017. Peringkat Berapakah Indonesia di TIMSS?. Basarnas.id

Luthfiana, M., Yuliansyah, & Fauziah, A. 2018. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas xi ipa ma negeri 1 lubuklinggau. Jurnal Pendididkan Matematika, 1(1)

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.

Rustina. R.,& Anisa.W. N. 2017. Kontribusi model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. 1 (1). 1-7.

Santyasa, I W., Santyadiputra, G. S., & Juniantari, M. 2019. Problem-based learning model versus direct instruction in achieving critical thinking ability viewed from students’ social attitude in learning physics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 335.

Saragih, S., & Habeahan, W. L. 2014. The Improving of Mathematical Problem Solving Ability and Students’ Creativity by Using Problem Based Learning in SMP Negeri 2 Siantar. Journal of Education and Practice, 5 (35). 123-132

Siagian, M. V., Saragih, S. & Sinaga , B. 2019. Development of learning materials oriented on problem-based learning model to improve students’ mathematical problem solving ability and metacognition ability. International electronic journal of mathematics education.14 (02). 331-340.

Sudjana, N., & Rifai, A., 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Surur, M., & Tartilla. 2019. Pengaruh problem based learning dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan pemecahan masalah. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 1 (2). 169-176.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Invotif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v10i2.3397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: