PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA DAN SIKAP NASIONALISME SISWA

Ni Made Septianingsih, Ni Nyoman Parwati, I Putu Wisna Ariawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematika, sikap nasionalisme siswa dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media lingkungan dalam proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan tiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi & evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Seririt sebanyak 32 orang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Data kemampuan representasi matematika siswa dikumpulkan dengan tes kemampuan representasi berbentuk uraian yang dikumpulkan  pada akhir setiap siklus. Data sikap nasinalisme siswa dikumpulkan menggunakan angket pada setiap akhir siklus. Data respon siswa dikumpulkan dengan memberikan angket di akhir siklus III. Hasil penelian ini menunjukkan banyaknya siswa dengan kemampuan representasi siswa minimal 75% tercapai pada siklus III yaitu sebesar 80%. Rata-rata skor  siswa dengan sikap nasionalisme kategori minimal tinggi mengalami peningkatan dari siklus I, II, dan III berturut-turut adalah 57,13; 61,34 dan 66,68. Respon siswa terhadap penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media lingkungan tergolong positif. Hal ini tercapai karena guru selalu mengaitkan materi yang diajar dengan situasi sehari-hari dan memfasilitasi siswa dengan media lingkungan serta melakukan refleksi di setiap siklus dan memperbaiki kesalahan yang terjadi pada siklus sebelumnya.

 

Kata Kunci : Kemampuan Representasi; Media Lingkungan; Pendekatan Kontekstual; Sikap Nasionalisme

 


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan tentang Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Depdiknas.

Hani, H. (2015). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan representasi matematis siswa sekolah dasar (pp. 142–149). PGSD STKIP Subang.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan tentang Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Depdiknas.

Herdiman, I. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. IKIP Siliwangi.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Universitas Advent Indonesia.

Johnson, E. (2007). Contextual Teaching and Learning : what it is and why it’s here to stay. Contextual Teaching Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Mizan Learning Center.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. ALFABETA,cv.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM.

Parwati, N. N. (2019). The effectiveeness of the implementatiom of evironmental-based learning media toward the mathematical problem-solving ability and the impact on students’ nationalism attitudes. Journal of Physics. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1317/012123/pdf

Pratiwi, D. E. (2013). Penerapan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. UPI.

Rahmi, R. . (2002). Ragam representasi dalam pembelajaran matematika untuk menumbuhkembangkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa SLTP. Skripsi pada UPI.

Septriani, N. (2014). Pengaruh Pendekatan Scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 17–21.

Suardani, L. . (2018). Penerapan Pembelajaran Berbantuan Media Lingkungan Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Penebel. Jurnal Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v10i1.3398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: