PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN SERVER JARINGAN DI SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA

Astawan, K.W, Santyasa, I. W, Tegeh. I. M

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar berupa modul teks yang dapat digunakan sebagai sumber belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar. Modul yang dikembangkan berbasis model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian pengembangan ini dilakukan pada mata pelajaran server jaringan di kelas XI program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan pada SMK TI Bali Global Singaraja. Model pengembangan yang digunakan adalah Model Dick & Carey. Untuk mengetahui manfaat modul dalam proses pembelajaran, dilakukan pre-eksperimen yang hanya melibatkan satu kelompok peserta didik. Kelompok tersebut diberikan pretest dan posttest. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-post test design. Pretest diberikan sebelum pembelajaran dengan modul dan posttest diberikan kepada peserta didik setelah pembelajaran dengan modul selesai diberikan. Berdasarkan hasil tes tersebut, hipotesis penelitian diuji dengan uji-t dan dibantu dengan menggunakan perangkat lunak SPSS.

 

Hasil pengujian menunjukkan signifikansi yang diperoleh adalah 0,001. Nilai tersebut lebih rendah dari signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,05. Ini berarti bahwa terjadi peningkatan hasil belajar setelah modul berbasis group investigation diterapkan dalam pembelajaran. Nilai rata-rata posttest yang dicapai 8,68 berada pada kategori sangat baik. Tingginya efektifitas yang dicapai karena modul ajar yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum, karakteristik siswa dan lingkungan belajar. Hal tersebut juga didukung oleh penerapan modul ajar yang diintegrasikan dengan pembelajaran kooperatif tipe group investigation.

 

Kata kunci: modul ajar, kooperatif, group investigation

 

Abstract

The research development was conducted on the subjects in Kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan at SMK TI Bali Global Singaraja, by adopting Dick & Carey research design. To find outthe benefits ofthe modulein the learning process, it was conductedpre-experiments involving onlyone groupof learners. The group is given a pre-test and post-test. The study design used was a group pre post-test design. Pre-test was given before the learning with modules and post-test was given to the students after learning with modules completed. Based on these test results, the research hypotheses were tested by t-test and assisted by using SPSS software. T-test results indicate significances which means that  increased in results after the learning module based network servers implemented in the learning group investigation.

 

The test results indicate significance obtained was 0.001. This value is lower than the specified significance of 0.05. This means that an increase in learning results after the  module based-group-investigation is applied in the learning. Posttest mean value reached 8.68 in the category very well. Achieved due to the high effectiveness of teaching modules are developed in accordance with the curriculum, student characteristics and learning environment. This is also supported by the implementation of teaching modules that are integrated with cooperative learning group investigation.

 

Keywords : modules, cooperative, group investigation

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v3i1.728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: