PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENULIS NARASI SISWA KELAS VII5 SMP NEGERI 3 BANJAR TAHUN 2012/2013
Abstract
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan: meningkatkan prestasi belajar menulis narasi siswa, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media video. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII5 SMP Negeri 3 Banjar tahun pelajaran 2012/2013 semester II yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar menulis narasi dan tanggapan siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual berbantuan media video dapat meningkatkan prestasi belajar menulis narasi. Peningkatan prestasi belajar siswa tersebut dapat dilihat dari perolehan skor menulis narasi dari awal siklus, siklus I dan siklus II. Skor yang diperoleh siswa adalah (1) skor rata-rata awal siklus 65,46 dengan standar devisiasi 6,59, pada siklus I 72,2 dengan standar devisiasi 3,99, dan pada siklus II 83,2 dengan standar devisiasi 3,99. Ketuntasan klasikal pada awal siklus 60,71%, pada siklus I 96,6% dan pada siklus II 100%. Skor rata-rata tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran kontekstual berbantuan media video adalah 79 berada pada kategori positif. Berdasarkan skor yang diperoleh pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan berbantuan media video dapat meningkatkan prestasi belajar menulis narasi.
Kata kunci: pembelajaran kontekstual, media video, menulis narasi
Abstarct
The purpose of this action research was to improve students achievement in writing narartion, and describe the students responses to the application of contextual learning model assisted with video media. The subject of this study is VII5 grade students of SMP Negeri 3 Banjar in academic year 2012/2013 semester II of about 30 people. The object of this study is to learn to write narrative performance and student response. This action research consists of two cycles are cycles I and cycle II. The results showed that the application of contextual learning assisted video media can improve learning achievement writing narration. Increase in student achievement can be seen from the acquisition of writing narration scores from the beginning of the cycle, the first cycle and second cycle. Scores obtained to students are (1) the average score in early cycle 65,46 with standard deviation 6.59, on the first cycle 72.2 with standard deviation 3.99, and the second cycle 83.2 with standard deviation 3.99 . Classical completeness at the beginning cycle 60.71%, the first cycle 96.6% and in the second cycles 100%. Average score of student responses to the application of contextual learning with video media 79 in the positive category. Based on the scores obtained in this study it can be concluded that the application of contextual learning with video-assisted media can improve learning achievement writing narration.
Keywords: contextual learning model, video, writing narrative
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v3i1.730
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: