PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PRODUKSI GAMBAR 2D UNTUK BIDANG KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

I Made Yudi Premana, Naswan Suharsono, I Made Tegeh

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran berbasis masalah melalui proses pengembangan yang diikuti dengan serangkaian uji coba dan melakukan analisis hasil uji efektivitas produk pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan, dengan desain pengembangan model  pengembangan ADDIE. Langkah-langkah pengembangan produk meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.

Subjek penelitian yang digunakan meliputi ahli isi mata pelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, siswa, serta guru mata pelajaran. Instrumen kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data berupa tanggapan dari para ahli, siswa, dan guru, sedangkan instrumen tes digunakan untuk mengetahui efektivitas produk pengembangan. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan multimedia pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan model ADDIE telah dilaksanakan dengan baik yang terlihat dari hasil uji coba para ahli, siswa dan guru yang menunjukkan tanggapan yang baik terhadap produk pengembangan. Berdasarkan hasil validasi ahli isi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran terhadap multimedia pembelajaran berbasis masalah diperoleh besaran persentase masing-masing 90,34%, 83,75%, dan 89,41%. Hasil validasi uji coba perorangan, kelompok kecil, lapangan, dan guru mata pelajaran diperoleh besaran persentase masing-masing 93,37%, 86,44%, 82,82%, dan 91,58%. Besaran persentase dari seluruh hasil validasi tersebut berada pada kualifikasi baik dan sangat baik. Hasil uji efektivitas produk pengembangan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran berbasis masalah. Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan antara sebelum dengan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran.

 

Kata kunci: pembelajaran multimedia, pembelajaran berbasis masalah, media produksi, hasil belajar siswa

 

Abstract

This research  was aimed to produce a multimedia problem-based learning through improvement process which was followed by series of test and analysis of result effectiveness of improved product. The method used is the research and development method, with the chosen design development is using ADDIE development model. Product development steps include analysis, design, development, implementation, and evaluation.

Subjects used include expert subject matter content, instructional media specialists, instructional design experts, students, and teachers of subjects. Questionnaire instrument is used to collect data in the form of feedback from the experts, students, and teachers, while the test instrument is used to examine the effectiveness of product development. The data of the research was analysed by using the qualitative description, quantitative description, and t-test analysis.

The results showed that the process of multimedia development with problem-based learning ADDIE model has been implemented with both seen from the test results to experts, students and teachers who showed a good response to product development. Based on the validation of content expert, media expert, and learning design expert, researcher found their percentages are: 90,34%, 83,75%, and 89,41%. The results gained from validation of individual, small group, field, and teacher trials showed percentages of: 93,37%, 86,44%, 82,82%, and 91,58%. The number of all percentages gained from all result of validation were classified as good and very good qualification. The test results demonstrate the effectiveness of the product development, and there are significant differences in student learning outcomes between before and after using the multimedia problem-based learning. The average value of student learning outcomes improved significantly between pre-to post-use multimedia instructional.

 

Keywords: multimedia instruction, problem-based learning, media production, and student learning outcomes

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v3i1.792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: