PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI UNTUK PEMBELAJARAN KOMPUTER GRAFIS BAGI SISWA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI SMK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses rancang bangun multimedia interaktif berbasis inkuiri untuk pembelajaran komputer grafis, tanggapan para ahli, guru mata pelajaran, respons siswa terhadap pengembangan, dan menganalisis efektifitas produk pengembangan. Keefektivan produk diukur dengan melihat perbedaan antara skor-skor pretest dan posttest yang dicapai peserta didik.
Penelitian ini menggunakan disain pengembangan, dengan mengadaptasi model Dick and Carey dan melibatkan para siswa kelas X Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 1 Sukawati sebagai sampel pengujian prototipa produk pengembangan. Data uji ahli media, isi, desain, dan pengguna (guru) dikumpulkan dengan menggunakan angket, sedangkan uji coba kepada siswa secara diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji-t
Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek isi dan media barada di kategori baik, sedangkan aspek desain pembelajaran berkategori sangat baik. Ditinjau dari aspek respons guru pengguna dan siswa secara perorangan maupun kelompok, produk hasil pengembangan berkategori baik, dengan persentase 76% pada uji kelompok kecil dan 80% pada uji kelompok besar di lapangan. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran hasil pengembangan ini.
Kata kunci: multimedia interaktif, pembelajaran inkuiri, komputer grafis, hasil belajar
Abstract
The aim of this study is to describe the produk development process, the expert respons, subject teachers, and the students to the development of inquiry-based interactive multimedia for graphic computer learning, and to analyze effectiveness of research product. The effectiveness of product development, is measured by looking at the difference between the scores of pretest and posttest achieved by the students.
This research is designed by research and development procedures based on the Dick and Carey model. The study involved grade X student of Visual Communication Design at vocational school. Data from the experts of content, design, user, individual testing, small group testing and field tests were obtained by using observation and testing. The data obtained was analyzed by descriptive analysis and t-test.
Based on the results of the study show that the validity of teaching materials in terms of aspects of content and learning media is good, and the learning design aspect is very good. Aspects of the teacher as user and group responses at the good grade , with 76% at the small group and 80% at the field group test. Result of the t-test analyses showed that there are signiticant difference in the mean value of the students achievement before and after using product development of the research.
Keywords: interactive multimedia, inquiry learning, graphics computer, achievement
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v3i1.793
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: