PENGARUH MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KEMAMPUAN DASAR SENAM LANTAI PADA MAHASISWA JURUSAN PENJASKESREK FOK UNDIKSHA*

KADEK YOGI PARTA LESMANA ., Prof. Dr. I Wayan Santyasa,M.Si ., Dr. I Wayan Sukra Warpala,S.Pd,M.Sc .

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan perbedaan hasil belajar kemampuan dasar senam lantai yang signifikan antara model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan model pembelajaran Student Teams-Achievement Devision (STAD). (2) menjelaskan perbedaan hasil belajar kemampuan dasar senam lantai antara mahasiswa yang belajar dengan media VCD dan media gambar. (3) menjelaskan pengaruh interaktif antara model dan media pembelajaran terhadap hasil belajar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 6 kelas yang terdiri dari 156 mahasiswa. Sampel diambil 4 kelas dengan cara simple random sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan dianalisis dengan ANACOVA faktorial 2×2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan dasar senam lantai yang signifikan antara model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan model pembelajaran Student Teams-Achievement Devision (STAD) (F = 64.805; p<0.05), dimana hasil belajar kemampuan dasar senam lantai pada mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran Student Teams-Achievement Devision (STAD), (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara media pembelajaran VCD dengan media pembelajaran gambar terbukti pada nilai (F= 52.577; p<0.05), (3) terdapat pengaruh interaktif antara media dan model pembelajaran terhadap hasil belajar kemampuan dasar senam lantai terbukti pada nilai (F= 88.185; p<0.005).
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Media pembelajaran, Hasil Belajar

This study aims to (1) explain the differences in basic skills learning outcomes floor exercises significant between learning model Think-Pair-Share (TPS) with a model of learning Student Teams-Achievement devision (STAD). (2) explain the differences in learning outcomes between the floor exercises basic skills students learn with VCD media and media images. (3) explain the differences in learning outcomes as a result of the influence of the interaction between the cooperative learning and instructional media. This study is a quasi-experimental study (quasi-experiment) using a pretest-posttest non-equivalent control group design. The study population amounted to six classes consisting of 156 students. Samples were taken four classes with simple random sampling. Data collected and analyzed achievement test with 2 × 2 factorial ANACOVA. The results showed that, (1) there are differences in basic skills learning outcomes floor exercises significant between learning model Think-Pair-Share (TPS) with a model of learning Student Teams-Achievement devision (STAD) (F= 64.805, p <0.05), where basic gymnastics skills learning outcomes of students who take the floor on a learning model Think-Pair-Share (TPS) dibandingkanm with better student learning modeled student Teams-*Achievement devision (STAD), (2) there were significant differences in learning outcomes between VCD instructional media with instructional media images prove the value of (F= 52.577 p> 0.05), (3) there is an interactive influence between media and learning model to the of basic gymnastics skills floor acievement, proven by the test result (F= 88.185; p>0.05).
keyword : Model Learning, Learning Media, Learning Outcomes

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v3i1.893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: