PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MOTIVASIBERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VII SMPN 1 BANGLI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

NI NENGAH WIDIANI ., Prof. Dr. I Wayan Santyasa,M.Si ., Dr. I Dewa Putu Raka Rasana,M.Ed .

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar keterampilan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bangli. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah the posttest-only control group design. Penelitian ini dilakukan di kelas kelas VII SMP Negeri 1 Bangli tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 208 siswa. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anava Dua Jalur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dimana kelompok STAD memperoleh prestasi lebih tinggi, (2) Terdapat perbedaaan prestasi belajar keterampilan menulis antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan siswa yang memiliki prestasi rendah dimana siswa yang memiliki motivasi tinggi menunjukkan prestasi lebih tinggi, dan (3) Terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar keterampilan menulis siswa. Berdasarkan temuan-temuan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe STAD terhadap prestasi belajar keterampilan menulis siswa dari motivasi berprestasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bangli.
Kata Kunci : model pembelajaran tipe STAD, motivasi berprestasi, dan prestasi belajar keterampilan menulis

The aim of this study was to know the effect of STAD type learning model to the writing skill learning achievement viewed by student’s achievement motivation in class VII SMP 1 Bangli in academic year 2012/2013. that consist of 208 students. The sample using simple random sampling and analyzed by two ways Anova. The results are: (1) there was difference of writing skill learning achievement between student following STAD type learning model with student following conventional learning, (2) there was difference of writing skill learning achievement between student possessing high achievement motivation with student possessing low achievement motivation, and (3) there was interactive effect between student possessing high achievement motivation and student possessing low achievement motivation to the writing skill learning achievement. Based on the finding above can be concluded that there is effect of STAD to the writing skill learning achievement viewed by student achievement motivation at SMP 1 Bangli
keyword : STAD type Learning Model, Achievement motivation, and Writing Skill.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v3i1.900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: