Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Berbantuan Mind Map Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa SMK

I GUSTI BAGUS SUMARTA ., PROF. DR. PUTU BUDI ADNYANA, M.Si. ., DR. I GST.AGUNG NYM.SETIAWAN, M.Si. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dan mind mapp dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian pretest-posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Kubutambahan tahun ajaran 2016-2017. Sampel dari penelitian ini sebanyak 4 kelas yang terdiri atas 2 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan tes hasil belajar. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif dan Manova. Skor rata-rata Gain Score untuk kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Mind Mapp dan pembelajaran langsung berturut-turut adalah 0,76 dan 0,43. Sedangkan rata-rata Gain Score untuk hasil belajar siswa berturut-turut adalah 0,46 dan 0,22. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Mind Mapp lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Mind Mapp, Berpikir kreatif, Hasil Belajar

This study aims to determine the differences of creative thinking skills and biology learning outcomes between students who are taught by problem-based learning and mind mapp with students who are taught by direct learning. This type of research is a quasi experiment with a pretest-posttest Control Group Design research design. The population of this study is the9 th grade in SMK Negeri 1 Kubutambahan academic year 2016-2017. The sample of this study are 4 classes consisting of 2 experimental classes and 2 control classes determined by simple random sampling technique. Data were collected using creative thinking ability tests and learning result tests. The collected data were analyzed descriptively and Manova. The average score of Gain Score for students' creative thinking ability taught by Mind Mapp-based problem-based learning model and direct learning was 0.76 and 0.43 respectively. While the average Gain Score for student learning outcomes are 0.46 and 0.22 respectively. Based on these findings it can be concluded that improving the ability of creative thinking and student learning outcomes that are taught by the problem-based learning model with Mind Mapp is better than the direct learning model.
keyword : Problem Based Learning, Mind Mapp, Creative Thinking, Learning Outcomes

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch  




Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.