Pengaruh Model Pembelajaran ICI (Interactive Conceptual Instruction) Berbantuan Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Terhadap Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Negara.
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICI berbantuan Geogebra terhadap pemahaman konsep matematika, sikap terhadap metematika, serta pengaruh terhadap pemahaman konsep dan sikap terhadap matematika secara simultan. Penelitian ini dirancang dalam bentuk eksperimen semu, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Negara tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 270 siswa. Sebelum dilakukan pengambilan sampel, terlebih dahulu dilakukan uji kesetaraan terhadap populasi. Pengambilan sampel pada penelitian ini mengunakan random sampling yang dilakukan dengan pengundian sehingga diperoleh dua kelas dan diundi kembali yang menjadikan kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Data dalam penelititan ini dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep dan angket sikap. Data dianalisis menggunakan ANAVA satu jalu dan MANOVA satu jalur.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) model pembelajaran ICI berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika, hal tersebut ditunjukkan dengan diperolehnya F_hit=39,406 yang lebih dari F_tab=3,99; (2) model pembelajaran ICI berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap sikap siswa terhadap matematika, hal tersebut ditunjukkan dengan diperolehnya F_hit=11,623 yang lebih dari F_tab=3,99; (3) model pembelajaran ICI berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap pemahaman konsep serta sikap siswa terhadap matematika secara simultan, hal tersebut ditunjukkan dengan diperolehnya F_hit=8,47 yang lebih dari F_tab=3,06
Kata Kunci : model pembelajaran ICI, pemahaman konsep, sikap terhadap matematika, Geogebra
This research aims to describe the effect of ICIlearning model assisted GeoGebra towards the conceptual understanding of mathematics, attitudes toward mathematics, and the effect on the conceptual understanding and attitudes toward mathematics simultaneously. This research was quasi experimental ,the population in this research were students of class VIII SMP Negeri 4 Negara in the year of 2015/2016, as many 270 students. Before the sampling, first tested the equivalence of the population. Sampling in this research using random sampling performed with the draw in order to obtain two classes and be drawn again that makes VIII H as an experimental class and VIII E as the control class. Data in this penelititan collected by test of conceptual understanding and the attitude questionnaire. Data were analyzed using one way ANOVA and one way MANOVA.
The results showed: (1) The ICI learning model assisted GeoGebra affect the conceptual understanding of mathematics, it is shown by the result F_hit = 39.406 more than F_tab = 3.99; (2) The ICI learning model assisted GeoGebra effect on students' attitudes toward mathematics, it is shown by the result F_hit = 11.623 more than F_tab = 3.99; (3) The ICI learning model assisted GeoGebra affect the conceptual understanding and attitudes toward mathematics simultaneously, it is shown by the result F_hit = 8.47 more than F_tab = 3.06
keyword : ICI Learning Model, Conceptual Understanding, Attitudes Toward Mathematics, Geogebra
Hasil penelitian menunjukkan : (1) model pembelajaran ICI berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika, hal tersebut ditunjukkan dengan diperolehnya F_hit=39,406 yang lebih dari F_tab=3,99; (2) model pembelajaran ICI berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap sikap siswa terhadap matematika, hal tersebut ditunjukkan dengan diperolehnya F_hit=11,623 yang lebih dari F_tab=3,99; (3) model pembelajaran ICI berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap pemahaman konsep serta sikap siswa terhadap matematika secara simultan, hal tersebut ditunjukkan dengan diperolehnya F_hit=8,47 yang lebih dari F_tab=3,06
Kata Kunci : model pembelajaran ICI, pemahaman konsep, sikap terhadap matematika, Geogebra
This research aims to describe the effect of ICIlearning model assisted GeoGebra towards the conceptual understanding of mathematics, attitudes toward mathematics, and the effect on the conceptual understanding and attitudes toward mathematics simultaneously. This research was quasi experimental ,the population in this research were students of class VIII SMP Negeri 4 Negara in the year of 2015/2016, as many 270 students. Before the sampling, first tested the equivalence of the population. Sampling in this research using random sampling performed with the draw in order to obtain two classes and be drawn again that makes VIII H as an experimental class and VIII E as the control class. Data in this penelititan collected by test of conceptual understanding and the attitude questionnaire. Data were analyzed using one way ANOVA and one way MANOVA.
The results showed: (1) The ICI learning model assisted GeoGebra affect the conceptual understanding of mathematics, it is shown by the result F_hit = 39.406 more than F_tab = 3.99; (2) The ICI learning model assisted GeoGebra effect on students' attitudes toward mathematics, it is shown by the result F_hit = 11.623 more than F_tab = 3.99; (3) The ICI learning model assisted GeoGebra affect the conceptual understanding and attitudes toward mathematics simultaneously, it is shown by the result F_hit = 8.47 more than F_tab = 3.06
keyword : ICI Learning Model, Conceptual Understanding, Attitudes Toward Mathematics, Geogebra
DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v5i1.2134
Refbacks
- There are currently no refbacks.