PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BERBENTUK KOMIK DENGAN LATAR PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN KURIKULUM 2013

IDA AYU IKA TRISNA DEWI ., PROF. DR. I MADE ARDANA, M.Pd. ., PROF. DR. I NENGAH SUPARTA, M.Si. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh karakteristik media pembelajaran visual berbentuk komik yang berkualitas valid, praktis dan efektif serta untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran visual berbentuk komik dengan latar pembelajaran kooperatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk dari Plomp. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kualitas valid, praktis, dan efektif. Hasil uji validitas menunjukkan validitas Media Pembelajaran, RPP, dan Buku Petunjuk Penggunaan Media untuk Guru dalam kategori valid. Media pembelajaran memenuhi kualitas praktis yang didasarkan pada hasil observasi terhadap keterlaksanaan media pembelajaran dan penilaian diskusi kelompok yang memenuhi kategori baik serta respon guru dan siswa menunjukkan respon positif. Efektivitas media pembelajaran dapat dikatakan efektif yang didasarkan pada hasil tes prestasi belajar siswa berada pada kategori baik dan motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi. Adapun karakteristik media pembelajaran yang dikembangkan diantaranya, 1) Penyajian materi matematika dikemas dalam dialog antar tokoh yang dirangkai dalam suatu alur cerita dan dilengkapi dengan ilustrasi gambar full colours yang menarik, 2) unsur visual yang dipakai adalah gambar kartun yang bersifat statis, 3) berpusat pada siswa karena siswa dituntut untuk membaca cerita secara utuh, 4) informasi yang disajikan dapat diolah kembali oleh siswa, dan 5) menyajikan beberapa simbol matematika beserta dengan artinya melalui dialog dengan bahasa yang mudah dipahami. Sedangkan proses pembelajaran yang terjadi memiliki karakteristik diantaranya 1) penyajian informasi awal mengenai materi yang akan dipelajari dengan pengenalan suatu masalah awal berkaitan dengan materi matematika pada cerita komik yang akan diamati sehingga siswa tertarik mengikuti pembelajaran, 2) kegiatan membaca komik menyenangkan bagi siswa sehingga siswa tertarik mengamati gambar dan teks beserta perhitungan matematika yang disajikan secara utuh dari awal sampai akhir cerita, 3) kegiatan diskusi kelompok menimbulkan interaksi sosial dan percaya diri siswa untuk menemukan solusi dari masalah matematika, 4) adanya visual gambar dan teks/dialog akan memudahkan siswa untuk ikut aktif mengkonstruksi konsep matematika dalam pikirannya, 5) kegiatan presentasi akan dapat membiasakan siswa untuk mengkomunikasikan hasil kerja kelompoknya.
Kata Kunci : media pembelajaran visual berbentuk komik, pembelajaran kooperatif, motivasi belajar matematika

This study was aimed at obtaining the characteristics of visual learning media of comic form that was valid, practical, and effective to know the process of implementing this learning media with cooperative learning as the background. This was developmental study that used Plomp’s product developmental model. This study showed that the developed learning media has fullfilled to be valid, practical, and effective. The result of validity test showed that the learning media, lesson plans, and guidance book of using media for teacher was categorized as valid. The learning media showing practical quality was based on the result of observation towards its implementation and the assessment of group discussion showed good category and teacher and students showed positive response. The effectiveness of the learning media could be said as effective based on the result of students’ achievement test in good category and students’ learning motivation in high category. The characteristics of the learning media that was developed were 1) the mathematic material was presented in form of dialogue between characters in a story plot and completed with interesting full-color picture illustration, 2) the visual unsure used was static cartoon picture, 3) it was student-centered because they were demanded to read the story comprehensively, 4) the information presented could be re-used by students, 5) presented some mathematic symbols along with the meaning through the dialogue using understandable language. Meanwhile, the learning process showed its characteristics such as 1) the presentation of preliminary information regarding to the material learned with the introduction of preliminary problem related to the mathematic materials in comic so that the students were interested to follow the learning, 2) the activity of reading comic was interesting for students so they were interested to observe the pictures and texts along with the mathematic calculation presented from the beginning to the end of the story, 3)the activity of group discussion inflicted social interaction and self-confidence for students to find the solution of the problem, 4) constructed the concept of mathematic in their thoughts, 5) the presentation would accustom the students to communicate their group result.
keyword : visual learning media of comics form, cooperative learning, mathematics’ learning motivation



DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v5i1.2157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar