Studi Evaluatif Pengelolaan Pembelajaran Matematika Berbasis Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Negeri Bali Mandara

NI KADEK ASRIANI ., PROF. DR. I MADE ARDANA, M.Pd. ., PROF.DR. SARIYASA, M.Sc.,P.hD .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran matematika berbasis SKS di SMA Negeri Bali Mandara ditinjau dari aspek konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang dilaksanakan secara sirkuler dan berulang-ulang dengan berbagai cara dan dari berbagai sumber. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini yaitu (1) penentuan lokasi penelitian, (2) penentuan subjek penelitian, (3) pengumpulan data awal, (4) mempersiapkan instrumen penelitian, (5) validasi instrumen, (6) pelaksanaan penelitian, (7) pengujian keabsahan data, dan (8) pemaparan. Subjek utama dalam penelitian ini adalah semua guru yang mengampu mata pelajaran matematika di SMA Negeri Bali Mandara dan seluruh warga SMA Negeri Bali Mandara yang dipilih secara purposive dan snowball sampling. Data yang berkaitan dengan konteks, input, proses, dan produk dikumpulkan dengan metode (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arah skor T tiap komponen fokus penelitian (konteks, input, proses, dan produk) adalah (– – + +), selanjutnya berdasarkan interpretasi arah skor T tersebut ke dalam Kuadran Glickman dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran matematika berbasis SKS di SMA Negeri Bali Mandara adalah baik.
Kata Kunci : Pengelolaan, Pembelajaran, Matematika, Sistem Kredit Semester (SKS)

This study was aimed to find out the management of Mathematics learning based on Semester Credit System (SKS) in SMA Negeri Bali Mandara, in terms of context, input, process, and product. This is an evaluation study carried out circularly and repeatedly in various ways and from a variety of sources. The steps taken in this study are (1) determining the location of the study, (2) determining the subject of the study, (3) collecting preliminary data, (4) preparing the instruments of the study, (5) validating the instruments of the study, (6) conducting the study, (7) testing the validity of the data, and (8) publishing the result of the study. The main subject of this study are all teachers of Mathematics subject at SMAN Bali Mandara and all members of SMA Negeri Bali Mandara, which was selected by purposive and snowball sampling. The data relating to context, input, process, and product collected by (1) observation, (2) interview, and (3) documentation. The data were then analyzed by qualitative descriptive technique. The results showed that the direction of T score of each component of the research focus (context, input, process, and product) is (- - + +), followed by interpretation of the direction of a T score into the Glickman quadrant can be concluded that the management of Mathematics learning based on Semester Credit System (SKS) in SMA Negeri Bali Mandara is “good”.
keyword : Management, Learning, Mathematics, Semester Credit System (SKS)



DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v5i1.2195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar