Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

IDA AYU AGUNG SULISTIAWATI ., DR. GEDE SUWEKEN, M.Sc. ., PROF.DR. SARIYASA, M.Sc.,P.hD .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, (2) kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan kemampuan berpikir kreatif secara simultan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah anggota 357 orang yang terdiri dari 12 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknikcluster random sampling. Data dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika yang dikumpulkan dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan data kemampuan berpikir kreatif yang dikumpulkan dengan tes kemampuan berpikir kreatif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif berdasarkan analisis uji-t’ untuk hipotesis 1 dan hipotesis 2, dan uji MANOVA untuk hipotesis 3. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, (2) kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan kemampuan berpikir kreatif secara simultan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif

This study was aimed at: (1) investigating whether the mathematical problem solving ability of student who learned using the problem based learning is better compared to the student who learned using conventional learning model, (2) investigating whether the creative thinking ability of student who learned using the problem based learning is better compared to the student who learned using conventional learning model, (3) investigating the differences of mathematical problem solving and creative thinking ability simultaneously between students who learned using problem based learning model compared to the students who learned using conventional learning model. This research was a quasi experimental research with posttest only control group design. The population of this study was all seventh grade students of SMP Negeri 6 Singaraja in the academic year of 2015/2016 which consist of 357 students divided into 12 classes. Sample was taken using cluster sampling technique. The data of students’ mathematical problem solving ability were collected using the mathematical problem solving ability test and the data of students’ creative thinking ability were collected using the creative thinking ability test. For hypothesis 1 and hypotesis 2, the data were analyzed descriptively using t-test, while the third hypotesis was tested using MANOVA. The data analysis showed that: (1) the mathematical problem solving ability of student who learned using the problem based learning is better compared to the student who learned using conventional learning model, (2) the creative thinking ability of student who learned using the problem based learning is better compared to the student who learned using conventional learning model, (3) there are the differences of mathematical problem solving and creative thinking ability simultaneously between students who learned using problem based learning model compared to the students who learned using conventional learning model.
keyword : Problem Based Learning Model, Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Creative Thinking Ability



DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v6i1.2253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar