PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA UNTUK PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI SMP

I.P.D. Putra, Sariyasa ., I.N. Sukajaya

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan rancangan media pembelajaran persamaan linier dua variabel; (2) Mendeskripsikan hasil implementasi media pembelajaran menggunakan GeoGebra sebagai media eksplorasi, Lectora Inspire sebagai aplikasi pembuat layout dan latihan soal; (3) Mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Pembelajaran persamaan linier dua variabel. Model pengembangan yang digunakan adalah Model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, develop, implementation, evaluation. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dapat diterima sebagai media pembelajaran dengan rata-rata skor dari ahli perangkat pembelajaran sebesar 2,70 dengan kriteria valid, dan rata-rata skor dari ahli materi sebesar 2,66 dengan kriteria valid. Rata-rata skor kepraktisan media pembelajaran berdasarkan analisis angket respon siswa sebesar 3,24 dengan kriteria baik dan rata-rata kepraktisan berdasarkan angket respon guru sebesar 3,30 dengan kriteria baik. Persentase skor efektivitas dari kelompok siswa yang dipilih secara random sebesar 93,33% dan telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dapat diterima sebagai media pembelajaran dan diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada topik bahasan persamaan linier dua variabel baik oleh siswa maupun guru.

Full Text:

PDF

References


Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fahy, Patrick J. 2005. Planning for Multimedia Learning. Dalam Sanjaya Mishra, Ramesh C. Sharma (Eds). Interactive Multimedia in Education and Training (hlm. 1-24). United States: Idea Group Inc.

Hohenwarter, J. dkk. 2008. “Introducing Dynamic Mathematics Software to Secondary School Teachers: The Case of GeoGebra”. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching (2008).

Kemendikbud. 2013. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Lanang Adhi Wirasena, I Gusti. Pengembangan Multimedia Interaktif Tentang Pengenalan Bangun Datar dengan Model ADDIE pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Sibetan Semester Genap Tahun Pelajaran 2011-2012. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Teknologi Pendidikan, FIP Undiksha.

Marsigit. (2013). Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013 Bagi Pendidikan Matematika. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, di Universitas PGRI Yogyakarta.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Punaji Setyosari. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Edisi Pertama, Cekatakan Ke-1. Jakarta: Kencana

Tegeh, I M. dan I M. Kirna. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Edisi Pertama, Cetakan Ke-2. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar