PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 6 SINGARAJA

L.P.E CIPTAWATI., I.M SUGIARTA., I.M SUARSANA

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan metode pembelajaran Example Non Example lebih tinggi dari pada prestasi belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Post Test Only Control Group Desaign. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII (non unggulan) SMP N 6 Singaraja tahun ajaran 2016/2017 dengan jumalh siswa 307 orang yang tersebar ke dalam 10 kelas. Sementara sampel penelitian diplih menggunakan multistage random sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas VIIB6 sebagai kelas kontrol dan VIIB7 sebagai kelas eksperimen. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa adalah dengan menggunakan tes prestasi belajar berupa tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata skor prestasi belajar matematika untuk kelas eksperimen = 78,727 dan kelas kontrol = 70,818. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t satu ekor, dan diperoleh nilai t-hitung = 2,030 sementara nilai t-tabel= 1,684 (df = 42; = 0,05). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran Example Non Example berbantuan LKS tidak terstruktur lebih tinggi dari pada prestasi belajar siswa dengan pembelajaran konvensional.

Kata kunci : metode pembelajaran Example Non Example, LKS tidak terstruktur, prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Apriani, Atik, dan David Indrianto. 2010. Implementasi Metode Pembelajaran Example Non Example. Sumedang : FKIP PGMI. IKIP PGRI.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Candiasa, I Made. 2010b. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Haryono, Defri. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Prestasi belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Mangunsari 04 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Nrl. 2013, 4 Desember. “Prestasi Belajar Matematika Dinilai Masih Kurang” detik News, http://m.detik.com/news/berita /2432402/ ini - peringkat -kemampuan-matematika-siswa-di-dunia-indonesia-nomor berapa/10# detailfoto (diakses pada tanggal 2 September 2016).

Sudaryono, M. & Rahayu. 2012. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo. 1989. Strategi Belajar Mengajar Dalam Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: DEPDIKBUD.

Susilo, Joko. 2010. Pengaruh Penggunaan Metode Mengajar Examples Non Examples Kelas X Terhadap Prestasi belajar Siswa di SMA Negeri 1 Pajar Bulan Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. STKIP Muhhamadyah Pagaralam.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar