PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR DISERTAI PENILAIAN PORTOFOLIO

L. Diah Praba Patni, N. N Parwati, I. G. P Suharta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran AIR disertai penilaian portofolio, (2) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran AIR disertai penilaian portofolio. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing – masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-i SMP Negeri 5 Singaraja sebanyak 28 orang siswa pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017. Data pemahaman konsep matematika siswa dikumpulkan menggunakan tes pemahaman konsep dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran AIR disertai penilaian portofolio dikumpulkan menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan nilai pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus, yakni 32% pada siklus I, 54% pada siklus II, dan 79% pada siklus III. Peningkatan optimal terjadi pada siklus III dengan persentase ketuntasan sebesar 79% dan rata – rata skor tanggapan siswa berada dalam kategori positif. Peningkatan optimal yang terjadi pada siklus III karena guru menekankan pada: (1) Memberikan motivasi dan dorongan pada siswa untuk aktif dalam pembelajaran, (2) Memperbanyak latihan soal dengan memberikan latihan, kuis dan tugas rumah untuk menerapkan konsep, (3) Memberi pertanyaan – pertanyaan yang berkaitan dengan konsep lama yang telah dipelajari untuk mempermudah memahami konsep baru yang akan dipelajari, dan (4) Penilaian portofolio yang dapat membantu siswa melakukan refleksi diri serta membantu guru memantau perkembangan siswa terkait pemahaman terhadap materi yang telah diberikan.

 

Kata kunci: model pembelajaran AIR, penilaian portofolio, pemahaman konsep matematika


Full Text:

PDF

References


Candiasa, I Made. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Depdiknas. 2003. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Koyan, I Wayan. 2011. Assesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

NCTM, 2000. Mathemathics Assesment: A Practical Handbook for Grades 6-8. USA: LCC

Marhaeni, A.A. I. N. 2006. “Asesmen Portofolio dalam Pembelajaran Berbasis Kompetensi”. Bahan Pelatihan Bagi Guru-Guru Kabupaten Badung dan Kota Denpasar Pada Kegiatan Pengabdian Masyarakat Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Tanggal 19 Oktober 2006. Makalah. Disajikan di http://pasca.undiksha.ac.id/e-learning/.pdf. Diakses tanggal 7 Januari 2017.

Meier, D. 2002. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Terjemahan Rahmani Astuti. The Accelerated Learning Handbook. 2000. Bandung: Kaifa.

Pradnyani, Warma. 2015. “Peningkatan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII-i SMP Negeri 3 Singaraja Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan metode Induktif-Deduktif. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, Undiksha.

Rachman, Nurul F. Syahrir dan Puji Lestari. 2015. “Penerapan Strategi PQ4R dengan Penilaian Portofolio untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Trigonometri Siswa SMA Negeri 1 Batulayar”. Jurnal Media Pendidikan matematika. Volume 3, No.2. Tersedia di http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id. (diakses tanggal 7 Januari 2017).

Santoso, B. 2007. “Penilaian Portofolio dalam Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, No.2. Tersedia di http://ejournal.unsri.ac.id. (diakses tanggal 5 Januari 2017).

Suherman, E., dkk, 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Supartika. I.N. Gita dan N.N. Parwati. 2016. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran AIR Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Jurusan Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 2 Singaraja”. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5, No.2. Tersedia di http://ejournal.undiksha.ac.id (diakses tanggal 7 Januari 2017)

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: MasMedia Buana Pustaka.

Widayani, Manik. 2016. “Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Penilaian Portofolio terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI MIPA Non Unggulan di SMA Negeri 2 Singaraja”. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha.

Widiastuti, Yuni. 2014. “Pengaruh Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Tape Recorder Terhadap Ketrampilan Berbicara”. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, Volume 2, No.1. Tersedia di http://ejournal.undiksha.ac.id. (diakses tanggal 3 Juni 2017).




DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar