PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII 1 SMP NEGERI 2 SINGARAJA MELALUI PENERAPAN STRATEGIROTATING TRIO EXCANGE (RTE) BERBANTUAN KARTU KERJA

S. A. P. K Wangi, I. G. P Suharta, I. N Gita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran RTE berbantuan kartu kerja. Penelitian ini adalah Penelitia Tindakan Kelas yang melibatkan subjek sebanyak 38 orang siswa Kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Singaraja pada semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi serta refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan tes. Keseluruhan data ini selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat. Rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada refleksi awal yaitu 38,33 pada siklus I rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat menjadi 48,65 meningkat lagi menjadi 65,2 pada siklus II dan meningkat menjadi 78,2 pada siklus III. Peningkatan tercapai setelah siswa melalui tahapan-tahapan pembelajaran dari penerapan strategi pembelajaran RTE berbantuan kartu kerja dengan beberapa penyempurnaan pada tindakan pembelajaran.

 

Kata kunci:Strategi Pembelajaran RTE, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kartu Kerja

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. BumiAksara.

Candiasa, I Made. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja : UNDIKSHA.

Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Depdikbud.

Djamarah, S.B dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendi, L. A.”Pembelajaran Matematika Dengan metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP”. Tersedia pada. http://jurnal.upi.edu/file/6_Leo_Adhar_Effendi.pdf.

Gunawan, I. M. A. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Apresiasi Matematika Siswa Kelas VII-1 SMP Laboraturium Undiksha Singaraja Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Skripsi. (tidak diterbitkan). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Undiksha Singaraja.

Herman, H. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mardiani, Ni Nengah. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII 14 SMP Negeri 2 Singaraja Melalui Penerapan Model Pembelajaran TSOI (Translating, Sculpting, Operationalizing, Integrating). Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pedidikan Ganesha.

Nadia, 2013. “Teori Pemecahan Masalah”. Tersedia pada. http://www.slideshare.net/nadiahbsa/teori-polya.

Nasution, S. 1995. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

NCTM. 2000. Mathematics Assessment: A Practical Handbook for Grades 6-8. USA: LCC

Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. 2006. Jakarta: Depdiknas.

Suci, A. A. W., & Rosyidi, A. H. ”Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajran Problem Posing Berkelompok”. Tersedia Pada. http://www.scribd.com/doc/122892042/KEMAMPUAN -PEMECAHAN-MASALAH-MATEMATIKA-SISWA-PADA-PEMBELAJARAN-PROBLEM-POSING-BERKELOMPOK#scribd

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wardhani, S. 2008. Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika: Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: P4TK Matematika.

Widhiastuti, Ni Ketut. 2014. Penerapan Metode Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII B5 SMP Negeri 6 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Ganesha.

Wulandari, F.D.P. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Melalui Strategi Rotating Trio Exchange Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Optik Geometris Kelas VIII Di SMP Negeri 30 Surabaya”. Jurnal Inofasi Pendidikan Fisika,Vol. 02. No. 03, 6-10




DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar