PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PBP) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 3 SINGARAJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang diterapkan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MM1 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X MM2 sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post-test Only Control Group Design.Skor tes pemahaman konsep matematika siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t satu arah dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung (5,57566) > ttabel (1,6736). Akibatnya H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang diterapkan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP), pembelajaran konvensional, pemahaman konsep
Full Text:
PDFReferences
Candiasa, I. M. 2010a. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Candiasa, I. M. 2010b. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Jackson, H., Tarhini, K., Maggi, B., Nathan, R. 2012. Improving Students Understanding of Engineering Concepts Through Project Based Learning. Journal of United States Coast Guard Academy, New London (diakses pada 19 Agustus 2016).
Mendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Mendikbud RI
Mendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Mendikbud RI
Mendikbud. 2013. Permendikbud no 70 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta: Mendikbud RI
NCTM. 2000. Mathematics Assessment a Practical Handbook for Grades 6-8. United States of America: NCTM.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: NCTM.
Noviadewi, N P. 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII B6 SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2015/2016 Melalui Penerapan Strategi PQ4R. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Semiawan, C. 1997. Perspektif Pendidikan dan Anak Berbakat. Jakarta: Gramedia
Suarni, N M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA, Siswa Kelas V Gugus 1 Kecamatan Kuta. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Waras, K. 2008. Project-Based Learning : Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Makalah. Disampaikan dalam Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Guru SMP dan SMA Kota Tarakan, 31 Oktober s.d. 2 November 2008. Universitas Negeri Malang. Tersedia dalam http://dc262. 4shared.com /doc/etY0OFZ3/preview.html
Wisma, A A P. 2014. Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X TIK SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2817
Refbacks
- There are currently no refbacks.