PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS

S.A.M Hertina, N. Parwati, I W. P Astawa

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Bangli. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: peningkatan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Bangli setelah diterapkan model pembelajaran ARIAS dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARIAS. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Bangli tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 36 orang. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan lembar observasi, sedangkan data pemahaman konsep matematika dan respon siswa dikumpulkan dengan tes dan angket. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Bangli. Rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari 54,40 pada siklus I menjadi 57,33 pada siklus II dan 66,82 pada siklus III serta tergolong aktif. Ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 33,33% pada siklus I menjadi 58,33% pada siklus II dan terakhir menjadi 77,78% pada siklus III dan melebihi indikator ketuntasan belajar minimal yaitu 75%. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARIAS berkategori positif. Peningkatan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa terjadi karena: fase-fase dalam model pembelajaran ARIAS mendukung peningkatan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa dan mempermudah siswa mengaitkan antar konsep serta dapat mengaplikasikan konsep yang telah mereka peroleh.

 

Kata kunci: model pembelajaran ARIAS, aktivitas belajar, pemahaman konsep matematika siswa

Full Text:

PDF

References


Damayanti, 2012. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B1 SMP Negeri 4 Singaraja dengan Penerapan Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) Berorientasi Masalah REalistik. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA Undiksha.

Hignasari, 2013. Implementasi Model Pembelajaran ARIAS Bermuatan Masalah Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self Esteem Siswa Kelas X Akomodasi Perhotelan 4 SMK Negeri 2 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, Undiksha.

Muttaqina, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berbantuan LKS Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII 5 SMP Negeri 2 Amlapura Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, Undiksha.

NCTM. 2000. Mathematics Assessment a Practical Handbook for Grades 6-8. United States of America: NCTM

NCTM. 2005. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: NCTM

Rahman dan Sofan. 2014. Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terintegratif dalam Teori dan Praktik untuk Menunjang Penerapan Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar