PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-3 SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) peningkatan aktivitas belajar matematika siswa 2) peningkatan prestasi belajar matematika siswa dan 3) respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran IMPROVE Kelas VIII 3 SMP Laboratorium Undiksha. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII 3 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja sebanyak 33 orang. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi dan data prestasi belajar matematika dikumpulkan dengan tes uraian. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata skor aktivitas belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 2,86 , yaitu dari 55,50 menjadi 58,36, dan peningkatan dari siklus II ke siklus III sebesar 9,09, yaitu 58,36 menjadi 67,45. Peningkatan ini terjadi akibat adanya diskusi secara terus menerus yang mengakibatkan meningkatnya aktivitas belajar siswa. Selain aktivitas belajar, rata-rata skor prestasi belajar matematika siswa juga meningkat, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 18,64, yaitu dari 48,03 menjadi 66,67 dan dari siklus II ke siklus III terjadi peningkatan sebesar 10,15 yaitu dari 66,67 menjadi 76,82. Terjadinya peningkatan prestasi belajar diakibatkan oleh pemberian metacognitive questioning pada diskusi kelompok yang dapat membantu siswa untuk menemukan suatu konsep. Adapun respon positif yang diperoleh dari penerapan metode pembelajaran IMPROVE yang menunjukkan bahwa siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dengan skor rata-rata adalah 69,03.
Kata kunci: metode pembelajaran improve, prestasi belajar matematika, aktivitas belajar matematika
Full Text:
PDFReferences
Alci. 2015. Implementasi Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 3 Singaraja. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Aritami. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ITC. Jakarta: Sripta Media Creatif.
Arikunto, S. 2002. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Candiasa, M. 2010. Statistik Univarian dan Bivarian disertai Aplikasi SPSS. Singaraja. Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Depdiknas. 2003. PERMEN 22 Th. 2003-Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Diknas.
Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Martinis, Yamin. 2007. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mutaharoh, 2011. Pengaruh Metode Konvensional di Kelas terhadap Siswa . Bogor: Jaya Abadi.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhayati, D. 2014. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nurkancana, W. dan Sunarta. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Suherman, E. 2008. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Budaya. 5(2). 1-30. Tersedia pada http://educare.e-fkipunla.net. Diakses pada 11 Januari 2017.
Susilo. 2012. “Pandangan Konstruktivisme Mengenai Proses Belajar”. Tersedia pada http://www.eurekapendidikan.com/2014/10/pendangan-konstruktivisme-mengenai.html#more (diakses tanggal 13 Januari 2017).
Oktarini (2015). Peningkatan Literasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metacognitive Guidance. Tesis SPS UPI
Bandung: Tidak Diterbitkan
Yuningsih, D. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran IMPROVE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran TIK. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2819
Refbacks
- There are currently no refbacks.