PENINGKATAN PRESTASI BELAJARMATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN GEOGEBRA

I.K.M.A Indrawan, N.N Parwati, I P. P Suryawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan ModelARIAS berbantuan geogebra dan mengetahui tanggapan siswa tentang model pembelajaran tersebut. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, obervasi dan evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas X BABUD semester genap tahun ajaran 2017/2018, sebanyak 35 orang. Data penelitian ini adalah data prestasi belajar dan tanggapan siswa. Data prestasi belajar matematika siswa diukur menggunakan tes prestasi belajar tipe uraian. Data tanggapan siswa diukur menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tanggapan siswa terhadap model pembelajaran ARIAS berbantuan geogebra dalam kategori positif. Rata-rata nilai tes prestasi belajar matematika pada siklus I sebesar 54,28 dengan persentase siswa di atas KKM sebesar 22,85%, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata nilai tes prestasi belajar matematika menjadi 64,28, dengan persentase siswa di atas KKM sebesar 62,85%. Pada siklus III terjadi peningkatan rata-rata nilai tes prestasi belajar matematika menjadi 75,71 dengan persentase siswa di atas KKM sebesar 82,85%. Hal tersebut terjadi karena langkah–langkah pada model ARIAS yakni yakni (1) Assurance, membangkitkan rasa percaya diri dan memotivasi siswa. (2)  Relevance,menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat materi yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (3) Interest, dalam tahap ini siswa diajak memelihara ketertarikan siswa terhadap pembelajaran dan melakukan eksplorasi konsep yang mereka pelajari dengan bantuan media geogebra. (4) Assessment, menguji sejauh mana siswa memahami konsep yang telah dipelajari. (5) Satisfaction,memberikan penguatan dan penghargaan bagi siswa.

 

Kata kunci:ARIAS, prestasi belajar, software geogebra,tanggapan siswa,.


Full Text:

PDF

References


Apriyanti, I.G.A.P.M, Sadra, I.W, dan Djoko, W. 2016.“Pengaruh model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Media Geogebra terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja”. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, UNDIKSHA Singaraja.

Budi, A.I.M, Suparta, I.N, dan Wisna, A.P. 2016. “Penerapan LKS Interaktif berbasis Software Geogebra dengan setting Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan pemahaman konsep Matematika Siswa Kelas XI MIPA 5 SMAN 4 Singaraja”. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, UNDIKSHA Singaraja.

Hertina, S.A.M,Parwati, N.N, Puja, A.I.P. 2017. “Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Bangli Melalui Penerapan Model Pembelajaran ARIAS”. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, UNDIKSHA Singaraja.

Parwati, N.N, Mertasari, S.N.M, dan Ambarawati, I.A.D. 2015.”Pengaruh Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Berorientasi Kearifan Lokal Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD di Kota Singaraja”. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha. Vol.3, No.1, Tahun 2015.

Parwati, N.N, Pasek, S,I.P, dan Ratih, A.A. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Puspayanti, T.N.K, Mertasari, S.N.M, dan Pasek, S.I.P. 2016.” Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance,Interest,Asessment,and Satisfaction) Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Melaya”. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, UNDIKSHA Singaraja

Risma, H.P.S, Wisna, A.P, dan Passek, S.I.P. 2016. “Pengaruh Penggunaan LKS Berbantuan Geogebra Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja”. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, UNDIKSHA Singaraja

Sinta, S.N.L, Sudiarta, I.G.P, dan Ardana, I.M. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan dan Aktivitas Pemecahan Masalah Siswa Kelas X-1 SMA Labotarorium Undiksha Singaraja”. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha. Vol.8,No.2, Tahun 2017.

Sumadi, S, 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Virginayoga, H.L, Pujawan, I.G.N, dan Djoko, W. 2015.” Implementasi Model Pembelajaran ARIAS Bermuatan Masalah Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self Esteem Siswa Kelas X Akomodasi Perhotelan 4 SMK Negeri 2 Singaraja”. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, UNDIKSHA Singaraja.

Wira, N.P.I.M.A, Djoko, W, dan Wisna, A.P. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Gianyar Semester Genap tahun Ajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha. Vol.8,No.2, Tahun 2017

Yasa, I.M.A, Sadra, I.W, dan Suweken, G. 2013.”Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik dan Gaya Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa”. Jurnal Penelitian Pasca Sarjana. Vol.2, Tahun 2013




DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar