PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MID (MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN) BERORIENTASIMIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 4 SERIRIT

I.G.A Sekarini, I.N Suparta, I W. P Astawa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran MID (Meaningful Instructional Design) berorientasi mind mapping pada siswa Kelas VII-C SMP N 4 Seririt. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus, yang setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII-C SMP N 4 Seririt sebanyak 30 orang. Data pemahaman konsep matematika dikumpulkan dengan tes uraian. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pemahaman konsep matematika siswa padasetiap siklus mampu mencapai nilai KKM 70. Hasil Siklus I mencapai nilai 70,28, Siklus II mencapai 71,11, dan Siklus III mencapai 75,00. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa terjadi karena model pembelajaran MID berorientasi mind mapping memiliki keunggulan yang pada setiap tahapnya memberikan siswa kesempatan untuk menemukan, memahami dan mengerti konsep matematika yang dipelajarinya. Dengan menyelesaikan berbagai permasalahan yang diberikan pada LKS, siswa juga dilatih untuk kesiapan maupun keaktifannya. Hal tersebut disebabkan karena siswa menggunakan pengalaman dan pengetahuan awalnya untuk menerima, memproses, dan menyimpan suatu konsep sehingga lebih bermakna dalam proses belajar mengajar. Di mana hal ini berdampak pada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Selain itu, respon siswa terhadap penerapan model pemebelajaran MID berorientasi mind mapping  dalam pembelajaran matematika tergolong positif dengan rata-rata skor respon sebesar 59,60.

 

Kata-kata kunci :Model pembelajaran MID, mind mapping,  pemahaman konsep matematika.


Full Text:

PDF

References


Candiasa, I Made. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS.Singaraja: Undiksha Press.

NCTM. (2000). Mathematics Assesment a Practical Handbook for gradea 6-8. United States of America : NCTM

Suherman, Erman (dkk). (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI

Sumadayo, Samsu. (2013). Penelitian tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: PT Bumi Aksara.

Sritresna, Teni. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman konsep matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID). Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.5, No.1




DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar