PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP PGRI 2 DENPASAR

N. P. Eka Sucipta D, I. M. Candiasa, I. N. Sukajaya

Abstract


 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan GeoGebra. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain post test only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP PGRI 2 Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdistribusi ke dalam 11 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling untuk memperoleh 3 kelas sebagai sampel penelitian. Data kemapuan pemecahan masalah matematika siswa dikumpulkan dengan tes uraian. Hasil uji hipotesis dengan uji ANAVA menunjukkan bahwa lebih dari . Artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan GeoGebra, model pembelajaran berbasis proyek saja dan model 5M. Sehingga dilakukan uji lanjut dengan menggunakan uji Scheffe. Berdasarkan uji Scheffe dan rata-rata skor masing-masing kelompok sampel diperoleh temuan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis proyek berbantuan GeoGebra lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model berbasis proyek saja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model 5M. Selanjutnya ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model 5M. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berbantuan GeoGebra lebih baik dari model pembelajaran berbasis proyek saja dan model pembelajaran 5M guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

           

Kata kunci: Pembelajaran berbasis proyek, GeoGebra, kemampuan pemecahan masalah

 

Abstract

The purpose of this study was to describe the improvement of problem solving ability of mathematics students who were taught by project-based learning model assisted by GeoGebra. This type of research was a quasi experiment with post test only control group design. The population of this study were all students of Class VIII SMP PGRI 2 Denpasar Academic Year 2016/2017 which was distributed into 11 classes. Sampling was determinated by cluster random sampling technique to obtain 3 classes as research sample. The students' mathematical problem solving data was obtained using a essay test. Hypothesis test results with ANAVA test show that  more than . It means that them had different student’s problem solving ability result between students were taught by project-based learning model assited by GeoGebra, project-based learning only and 5M model. Hypothesis test will be continued by Scheffe test. Based on Sceffe test and average of each group, it found that student’s mathematics problem solving ability who were taught by project-based learning model assisted by GeoGebra is more better of students who were taught by project-based learning model only and 5M model. Then it found too that student’s mathematical problem solving ability who were taught by project-based learning model is more better of students who were taught by 5M model. So the conclution is project-based learning model assisted by GeoGebra most better than project-based learning model and 5M model to improve student’s mathematical problem solving ability.

 

Key words: Project-based learning , GeoGebra, problem solving


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v7i2.2833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar