PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MIND MAPPING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-13 SMP NEGERI 2 SINGARAJA

D. A. S. Ayulia, I. W. Puja Astawa, I. N. Sukajaya

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dengan strategi Reciprocal Teaching berbantuan Mind Mapping dan tanggapan siswa terhadap penerapan stretegi tersebut. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-13 SMP Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 37 orang siswa. Data dikumpulkan menggunakan instrumen yang berupa tes pemahaman konsep dan angket tanggapan siswa. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan rata-rata nilai pemahaman konsep siswa dari 32,26 menjadi 81,31 dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat dari 5,41% menjadi 81,08%. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa disebabkan oleh upaya perbaikan yang dilaksanakan pada setiap siklus. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa terjadi karena strategi Reciprocal Teaching berbantuan Mind Mapping memiliki keunggulan yang pada setiap tahapnya memberikan siswa kesempatan untuk menemukan, memahami, mengklarifikasi dan memprediksi pengembangan konsep matematika yang dipelajarinya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan menjadikan siswa belajar secara bermakna sehingga siswa lebih ingat dan lebih paham dalam jangka waktu yang lama. Hal ini berdampak pada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. (2) tanggapan siswa terhadap strategi Reciprocal Teaching berbantuan Mind Mapping dalam pembelajaran berada dalam kategori sangat positif dengan rata-rata skor tanggapan siswa adalah 49,95.

 

Kata kunci: strategi Reciprocal Teaching, Mind Mapping, pemahaman konsep

 

Abstrack            This study aims to determine the improvement of students's understanding of mathematical concepts with the strategy of Reciprocal Teaching with Mind Mapping and students's respons to the application of that strategy. The research conducted is a Classroom Action Research, which is carried out in three cycles. The subject of this research is the students of class VIII-13 SMP Negeri 2 Singaraja which amounts to 37 students. The data were collected using the instrument in the form of concept comprehension test and student response questionnaire. The data that has been collected is then analyzed descriptively. The results of this study indicate that: (1) there is an increase in the average value of student's concept understanding from 32.26 to 81.31 and student's learning completeness classically increased from 5.41% to 81.08%. Improved understanding of students' mathematical concepts is due to improvement efforts being carried out at each cycle. Increased understanding of student's mathematical concepts occurs because Reciprocal Teaching strategy with Mind Mapping has the advantage that at each stage it gives students the opportunity to discover, understand, clarify and predict the development of mathematical concepts they learn. The learning process undertaken makes students learn meaningfully so that students remember more and understand more in the long term. This has an impact on improving student's understanding of mathematical concepts. (2) students' responses to Reciprocal Teaching strategy with Mind Mapping in learning are in very positive category with average student response score is 49.95. Keywords: Reciprocal Teaching strategy, Mind Mapping, concept comprehension

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v7i2.2836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar