PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TUTOR SEBAYA TERHADAP SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 3 SINGARAJA

I.D.A.A.D. Purnamasari, D. Waluyo, I. M. Candiasa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan sikap dan prestasi belajar matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional sebelum dan sesudah variabel kemampuan awal siswa dikendalikan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 4 kelas. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Uji kesetaraan sampel menggunakan uji t berdasarkan nilai ulangan umum matematika semester ganjil kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X TKJ 1 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan awal siswa dan prestasi belajar matematika siswa diperoleh melalui tes uraian, sedangkan data sikap siswa terhadap matematika diperoleh melalui angket. Data dianalisis dengan  uji MANOVA dan MANCOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian MANOVA menunjukkan terdapat perbedaan sikap dan prestasi belajar matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (Fhtung =11,184, Sig.<0,05). Selanjutnya, hasil pengujian MANCOVA menunjukkan tetap terdapat perbedaan sikap dan prestasi belajar matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional setelah variabel kemampuan awal siswa dikendalikan (Fhitung= 5,911, Sig.< 0,05). Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik tutor sebaya terhadap sikap dan prestasi belajar matematika siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Singaraja

Kata kunci: kemampuan awal siswa, model pembelajaran kooperatif, prestasi belajar matematika, sikap terhadap  matematika, teknik tutor sebaya

 

Abstract

            The research was intended to describe the differences in attitude and mathematics achievement among students who learn with cooperative learning supported by peer tutoring technique and students learning with conventional learning model before and after student’s entry behaviour variable controlled. This research is a quasi-experiment research with post-test only control group design. The population of this study was all students of Class X TKJ in SMK Negeri 3 Singaraja in the academic year of 2017/2018, which consisting of 4 classes. The sample of this study was chosen by using cluster random sampling technique. The process of equaliting the sampel was done by using t-test based on the odd semester’s mathematics test scores of Class X TKJ 1 and X TKJ 2. The data of students’ entry behaviour and mathematics achievement were collected by using the essay test, meanwhile the data of student’s attitude in mathematics were collected by using questionnaire. The data were analysed using MANOVA and MANCOVA. The result of MANOVA showed there are differences in attitude and mathematics learning achievement among students who learn with cooperative learning supported by peer tutoring technique and students learning with conventional learning model (F =11,184, Sig.<0,05). Then, the result of MANCOVA showed there are still differences in attitude and mathematics achievement among students who learn with cooperative learning supported by peer tutoring technique and students learning with conventional learning model, after controlled student’s entry behaviour (F= 5,911, Sig.< 0,05). So it can be concluded there is the effect of cooperative model of peer tutoring technique on attitude and mathematics achievement. 

 

Keywords: Cooperative learning, entry behaviour,mathematics attitude, mathematics learning achievement, peer tutoring technique.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v7i2.2837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar